Air purifier Untuk Kesehatan yang Menggunakan HEPA Filter

Air purifier adalah sebuah alat pembersih udara yang memainkan peran penting dalam mencegah alergi dan juga masalah pernapasan seperti asma yang paling umum.  Pembersih udara sangat  berguna di kamar tidur rumah apalagi yang memiliki filter HEPA sehingga penyaringan lebih efektif. Manfaat air purifier untuk kesehatan memang telah dibuktikan oleh mereka yang sedang menggunakan alat ini.

Hanya saja dalam hal penggunaan alat pembersih udara ini, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu harus mengganti filter purifier secara rutin apabila sudah kotor sehingga penyaringan udara akan lebih optimal dan tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

 

Fakta Pembersih Udara

Faktanya, ada banyak pilihan jenis dan model air purifier dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda baik itu model kipas, jenis filter yang digunakan, dan lainnya. Ada jenis air purifier yang dapat menangkap hingga partikel terkecil di udara seperti asap, debu, serbuk sari, ataupun bulu hewan.

Bahkan ada juga yang telah dilengkapi dengan sinar UV yang bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang berkeliaran bebas di ruangan tersebut. Karena spesifikasi dan fitur alat berbeda-beda, tentu Anda juga harus mempertimbangkan daya yang dibutuhkan setiap kali menyalakan alat tersebut. Apalagi jika dinyalakan 24 jam yang tentu akan lebih boros.

Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah namun juga yang mahal bukan berarti bagus. Ada banyak perbandingan yang bisa dilakukan seperti mencari model yang telah memiliki sertifikasi sehingga lebih terjamin.

Yang pasti jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami alergi atau gangguan saluran pernapasan seperti asma, Anda bisa mencoba menggunakan air purifier di kamar atau di ruang tamu Anda sehingga udara akan terasa lebih bersih dan segar.

 

Manfaat Menggunakan Air purifier

  1. Meringankan gejala asma

Orang dengan asma memiliki saluran pernapasan yang meradang sehingga lebih sensitif. Kontaminan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari dan debu yang terhirup dapat mengiritasi saluran pernapasan hingga akhirnya membuat penderita mengalami kesulitan bernapas.

Pembersih udara dengan filter HEPA dirancang untuk menghilangkan semua polutan ini dan memurnikan udara dalam ruangan sehingga dapat membantu meringankan gejala asma dan tidak mudah kambuh lagi.

  1. Mengurangi resiko penyakit menular dari udara

Kemampuan air purifier untuk meningkatkan kualitas udara juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang ditularkan melalui udara. Influenza biasanya merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh patogen kecil yang menyebar di udara. Namun dengan filter HEPA, pembersih udara Anda dapat menyaring virus penyebab flu dengan lebih baik dan membuat keluarga tetap sehat.

  1. Menghilangkan bau tak sedap

Beberapa bahan kimia yang terurai pada suhu kamar mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahan kimia ini dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dan ditemukan dalam cat, partikel tersuspensi, furniture, dan banyak lagi. Bau senyawa biasanya dapat menyebabkan mual dan sesak napas  ketika bau terkumpul terlalu banyak.

Namun dengan menggunakan pembersih udara, maka udara dapat disaring menjadi bersih termasuk juga menghilangkan bau tak sedap. Bukan hanya itu saja, rumah juga akan lebih terbebas dari asap rokok, bau gas, asap kendaraan, bau saat memasak, dll.

  1. Tidur menjadi lebih nyenyak

Dengan menggunakan air purifier ternyata juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena udara menjadi lebih bersih dari debu, bakteri, jamur, dan virus sehingga dapat menghindarkan diri dari penyakit saluran pernapasan seperti pilek, batuk, bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Udara lebih bersih dan tidur juga menjadi lebih nyenyak.

 

Tips Mengurangi Alergen Pemicu Asma di Rumah

Dalam mengurangi gejala asma, ada banyak hal yang juga harus dilakukan bersamaan dengan menggunakan air purifier sehingga hasilnya lebih optimal dan kesehatan akan lebih terjaga. Beberapa hal yang bisa dilakukan yang pertama yaitu dengan menggunakan AC (Air Conditioner). AC juga memiliki fitur penyaring udara sehingga udara akan lebih bersih.

Yang kedua yaitu dengan membersihkan tempat tidur setiap hari seperti mengganti sprei, sarung bantal, selimut, dan bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan permukaan kasur. Hindari menggunakan barang-barang yang mudah ditempeli debu misalnya karpet bulu.

Jangan lupa juga untuk membersihkan area-area yang lembab karena memiliki resiko timbulnya jamur yang juga dapat menjadi penyebab alergi dan asma. Apabila memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk rutin membersihkannya termasuk bulu-bulunya yang rontok agar tidak menumpuk di satu tempat.

Ruangan juga tentu harus rutin dibersihkan sehingga dapat mengurangi penumpukan debu dan juga menjadi sarang terbentuknya bakteri dengan tujuan untuk mengurangi gejala asma. Lakukan sedot debu setidaknya 1 minggu sekali bisa dengan menggunakan penyedot debu filter HEPA sehingga pembersihan lebih maksimal.

 

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Air purifier

Jika Anda berencana menggunakan air purifier untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan terutama dengan tujuan mengurangi gejala asma dan alergi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar tidak salah memilih.

Yang pertama, lihatlah CADR (Clean Air Delivery Rate) untuk mengukur kecepatan pembersihan air purifier. Pilih nilai minimal 300 untuk menghilangkan debu, asap, serbu sari. Semakin tinggi tentu hasilnya akan lebih baik. Pilihlah ukuran air purifier yang sesuai dengan ukuran ruangan sehingga pembersihan bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Jika Anda memang membutuhkan air purifier yang berkualitas apalagi bagi Anda yang memiliki penyakit asma dan alergi atau memiliki sistem pernapasan yang sensitif terhadap udara, maka sebaiknya memilih air purifier yang telah dilengkapi dengan filter HEPA.

Filter HEPA ini telah terbukti dapat menyaring partikel-partikel halus di udara terutama penyebab alergi seperti serbuk sari, debu, jamur, bulu, dan alergen lainnya yang ada di rumah. Untuk disebut sebagai HEPA Filter, filter ini harus mampu menyaring hingga 99,97% partikel di udara hingga yang terkecil berukuran diameter 0,3 mikron.

Jadi apabila Anda ingin udara di rumah menjadi lebih bersih dan juga aman untuk dihirup bagi penderita gangguan pernapasan, maka pilihlah air purifier dengan syarat seperti di atas salah satunya yaitu DREW Pure 5 Air purifier dengan teknologi canggih untuk mengatasi permasalahan keluarga.

Penggunaannya yang sangat mudah untuk penyaringan udara hingga 360 derajat, telah dilengkapi dengan HEPA 13 Filter yang mampu menyaring partikel halus dan filter karbon aktif untuk menyaring udara membuatnya menjadi tak berbau. Jangan khawatir karena DREW Pure 5 Air purifier adalah air purifier untuk kesehatan yang bukan hanya aman untuk manusia namun juga hewan peliharaan.