Apakah HEPA Filter pada Air purifier Dapat Dicuci ?

Pernahkah Anda melihat atau mendengar istilah filter HEPA pada banyak produk rumah tangga? HEPA Filter memang sudah digunakan sejak lama dalam peralatan rumah tangga untuk menyaring udara sehingga lebih bersih dari berbagai jenis polutan udara.

Bagi yang belum pernah mendengar apa itu filter HEPA, filter HEPA adalah jenis filter udara berkualitas tinggi yang wajib memenuhi kriteria tertentu. Apabila semua kriteria telah terpenuhi, filter HEPA ini dapat menghilangkan setidaknya 99,97% partikel standar dari udara seperti debu, serbuk sari, jamur, bakteri, dan partikel kecil di udara mulai dari partikel besar hingga partikel kecil.

HEPA sendiri adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air. Filter HEPA adalah komponen umum pembersih udara yang menyaring dan memurnikan udara sehingga udara terbebas dari partikel-partikel berbahaya yang mudah masuk ke sistem pernapasan apabila dihirup.

 

Produk yang Telah Dilengkapi Dengan Teknologi HEPA Filter

Umumnya ada dua jenis peralatan rumah tangga yang telah menggunakan teknologi filter HEPA yaitu pembersih udara (air purifier) dan penyedot debu. Kedua produk tersebut dapat membantu keluarga menjaga kesehatannya apalagi yang memiliki asma dan alergi sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit tersebut.

  1. Air purifier

Pembersih udara atau air purifier dengan filter HEPA memang dirancang khusus untuk menyaring dan membuang udara, debu, kotoran, dan berbagai polutan udara yang buruk untuk kesehatan bahkan termasuk bau masakan, bau masakan, bulu hewan, dll yang dirancang untuk penggunaan jangka panjang dengan banyaknya manfaat untuk kesehatan keluarga.

  1. Penyedot debu

Debu hewan dan sel-sel yang telah mati biasanya menempel pada lantai dan furnitur di rumah Anda termasuk bakteri. Jika seseorang berjalan di atasnya atau melewati benda lain, partikel ini dapat terbang masuk ke udara. Atau juga bisa menempel pada tangan ketika menyentuhnya bahkan pada pakaian yang sedang dikenakan.

Vacuum cleaner atau penyedot debu yang telah dilengkapi dengan filter HEPA dapat menyedot dan menyari debu dan partikel kecil lainnya dari lantai atau furnitur di rumah Anda sebelum masuk ke udara. Dengan ini maka bukan hanya furnitur yang bersih namun udara juga.

  1. Pembersih udara HVAC

Filter HEPA bukan hanya digunakan pada air humidifier dan penyedot debu namun juga digunakan pada pembersih udara yang dipasang melalui HVAC pada seluruh rumah. Hanya saja, sistem ini jarang digunakan pada sebagian besar rumah di Indonesia. Namun beberapa negara lain telah menggunakan ini di rumah mereka.

 

Fungsi Filter HEPA

Filter ditentukan oleh efektivitas partikel tersuspensi. Filter HEPA sangat efektif dalam menjebak partikel dari semua ukuran dan secara teoritis menghilangkan lebih dari 99,97% partikel 0,3 mikron. Ini adalah salah satu ukuran partikel yang paling sulit untuk dikumpulkan.

Partikel dengan diameter hingga 0,3 mikrometer dibentuk oleh faktor-faktor seperti asap pembakaran, asap diesel, dan gas buang atau kabut asap. Karena ukurannya yang sangat kecil, partikel-partikel tersebut dapat dengan mudah memasuki paru-paru ketika bernapas.

Sebaliknya, partikel yang memperburuk alergi seperti serbuk sari biasanya berukuran 10 mikron dan dapat dikumpulkan oleh sistem penyaringan di tubuh seperti hidung dan tenggorokan. Inilah sebabnya mengapa filtrasi HEPA sangat penting dalam menangkap partikel 0,3 mikron yang sangat kecil.

 

Apakah Filter HEPA Dapat Dibersihkan?

Filter biasanya dibersihkan setelah melihat adanya penumpukan debu atau partikel yang terlihat pada filter HEPA yang tampak abu-abu atau kotor atau jika aliran udara melalui filter berkurang. Namun, para ahli mengatakan filter HEPA harus diganti daripada dibersihkan.

Jika Anda melihat adanya penumpukan debu dan kotoran di filter HEPA, semua partikel menumpuk. Ini dapat berisi semua partikel-partikel yang disaring seperti bulu hewan, gas atau asap kendaraan, kompor gas, jamur, dll.

Apabila filter HEPA sudah kotor maka lebih disarankan untuk menggantinya dengan filter yang baru. Sebagian besar produsen juga menawarkan periode penggantian yang direkomendasikan biasanya diperlukan waktu 6 hingga 12 bulan tergantung durasi pemakaian. Beberapa pembersih udara memiliki lampu indikator yang memberi tahu Anda kapan harus mengganti filter HEPA.

Namun, ini tidak selalu merupakan indikator waktu terbaik karena alasan sebenarnya untuk mengganti filter HEPA tergantung pada jumlah partikel yang terakumulasi dan dapat sangat bervariasi tergantung pada lingkungan dan jangka waktu penggunaan. Jika pembersih udara  menyala sepanjang waktu atau jika ruangan penuh dengan debu atau kotoran, Anda perlu mengganti filter HEPA lebih sering.

 

Produk Air purifier HEPA Filter Terbaik

Memang ada banyak air purifier yang dijual di pasaran namun tidak semuanya memiliki teknologi HEPA Filter. Biasanya pembersih udara yang telah dilengkapi dengan HEPA Filter tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan yang tanpa penyaring HEPA. Salah satu air purifier terbaik yang menggunakan HEPA Filter yaitu DREW Pure 5 Air purifier.

DREW Pure 5 Air purifier mampu membersihkan udara dengan lebih mudah dan tentu penggunaannya yang sangat mudah hanya dengan menekan tombol saja. Terdapat Auto Mode yang menyesuaikan fiturnya dengan kondisi udara pada ruangan tersebut.

Tidak perlu khawatir karena filter DREW Pure 5 Air purifier sangat mudah diganti. Untuk filternya menggunakan HEPA 13 Filter dan karbon aktif sehingga bukan hanya dapat menyaring udara dari polutan udara namun juga menyaring bau sehingga tidak ada bau tak sedap pada ruangan.

HEPA 13 Filter mampu menyaring partikel udara hingga 99,97% apalagi adanya filtrasi udara 360 derajat sehingga bisa memaksimalkan penyaringan udara ke segala penjuru ruangan.

Ada juga teknologi UVC light sterilization mode dimana fitur ini mampu membunuh virus dan berbagai polutan udara lainnya yang ada pada ruangan. Penggunaan air purifier DREW ini tidak memakan banyak energi dengan hanya membutuhkan 38 watt saja sehingga bisa menghemat biaya listrik.

 

Mengapa Harus Memilih DREW Pure 5 Air purifier

DREW Pure 5 Air purifier memiliki filter untuk menyaring alergen, kotoran pada hewan peliharaan di udara juga dapat tersedot ke dalam pembersih udara sehingga dapat mengurangi risiko alergi. Alat ini juga dapat membantu menetralkan bau asap rokok yang menyebar di udara.

Terkadang asap rokok sering kali menempel pada sofa, tirai jendela, pakaian, dan benda-benda lainnya sehingga bau sulit hilang. Namun dengan DREW Pure 5 Air purifier dapat membantu menghilangkan bau asap rokok yang sulit dihilangkan dengan lebih baik bahkan juga menghilangkan bau asap di udara setelah memasak.

Tidak peduli berapa kali rumah dibersihkan, tempat-tempat yang tidak terjangkau pasti akan selalu berdebu atau debu dari perabot akan masuk ke udara saat dibersihkan. Pembersih udara ini dapat membantu mengurangi beban kerja.

DREW Pure 5 Air purifier dikatakan dapat membunuh hingga 99,97% kuman dan bakteri di udara berkat HEPA Filter yang dipasang. Penyaringan yang dilakukans secara rutin dapat meningkatkan kualitas udara yang dihirup sehingga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru dan menghentikan penyebaran kuman penyebab penyakit.