Apakah Kebiasaan Bangun Pagi Bermanfaat?

Kebiasaan bangun pagi mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan juga mental.  Namun sekalipun demikian, tidak semua orang mudah untuk bangun pagi. Padahal dengan membiasakan bangun pagi, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini akan diulas mengenai apa saja manfaat-manfaat tersebut dengan lebih lengkap.

 

Manfaat yang Bisa Didapat dengan Bangun Pagi

  • Merasa Lebih Bahagia

Nyatanya dengan Anda bangun pagi selain hal tersebut dapat menjaga kesehatan fisik, tetapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental. Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan, seseorang yang bangun pagi akan memiliki mood yang jauh lebih baik.

Serta akan merasa dirinya jauh lebih sehat dibanding dengan mereka yang sering begadang. Namun, tentunya dengan catatan disini tidur yang Anda lakukan berkualitas.

  • Olahraga Pagi

Udara ketika pagi hari memang sangat segar dan baik bagi kesehatan Anda. Karena saat itu udara masih belum terkontaminasi oleh polusi ataupun asap. Sehingga dengan demikian olahraga di saat tersebut tentu merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Dengan Anda rutin berolahraga pada pagi hari, hal itu akan membuat berat badan Anda jadi lebih ideal, menjaga kesehatan otot tulang, memperlambat proses penuaan, meningkatkan energi, memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan otak dan banyak lagi lainnya.

  • Lebih Aktif

Dikarenakan bangun pagi mood Anda jadi lebih baik, maka hal itu juga berdampak pada Anda yang semakin lebih aktif jika dibanding dengan orang yang bangun siang. Selain itu Anda juga lebih jeli dalam antisipasi masalah.

 

Cara Mudah Agar Bisa Bangun Pagi

Memang tidak semua orang mudah untuk bangun pagi. Beberapa merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Berikut ini adalah tips-tips agar nantinya bisa dengan mudah bangun lebih pagi.

  • Ketahui Waktu Tidur yang Dibutuhkan

Waktu tidur untuk orang dewasa umumnya yaitu selama 7 Hingga 9 jam dalam sehari. Namun ada beberapa orang yang cukup tidur hanya 6 jam saja, bahkan kurang dari itu. Maka disini sebaiknya Anda mencari tahu lebih dahulu berapa waktu tidur yang pas bagi diri Anda sendiri.

Selanjutnya Anda perlu menetapkan juga jam berapakah nanti harus bangun. Disarankan untuk Anda tidur pada pukul 9 dan bangun pada pukul 5 pagi.

  • Matikan Lampu dan Peralatan Elektronik

Paparan cahaya dari lampu ketika Anda tidur mampu mengurangi serta memperlambat produksi melatonin. Melatonin itu sendiri yaitu hormon yang membuat Anda merasa cepat mengantuk. Demikian juga dengan cahaya yang berasal dari komputer, ponsel, TV dan juga laptop. Jika Anda tidak ingin nantinya bangun terlambat, maka disarankan agar mematikan semua perangkat elektronik.

  • Letakkan Alarm Jauh dari Tangan

Saat mendengar alarm, biasanya Anda sering langsung mematikan alarm tersebut. Terlebih jika alarm diletakkan di meja ataupun di bawah bantal. Untuk menyiasati hal itu, maka Anda bisa meletakkan alarm jauh dari jangkauan tangan.

  • Minum Kafein

Tips selanjutnya yaitu Anda bisa mengonsumsi kafein agar kadar hormon serotonin meningkat. Hormon tersebut bertanggung jawab dalam meningkatkan energi dan juga mood. Dengan begitu nantinya Anda akan lebih bersemangat lagi ketika menjalani aktivitas seharian.

  • Jangan menunda bangun

Saat Anda telah mendengar alarm berbunyi maka segeralah Anda duduk di tempat tidur. Kemudian gerakan kaki Anda. Ambil nafas setidaknya 3 hingga 4 hari agar nantinya Anda jadi lebih siap bangun dan melakukan aktivitas.

  • Lakukan Meditasi

Ketika Anda kesulitan bangun pagi oleh karena tidak dapat tidur dengan cepat atau mengalami masalah saat hendak tidur di malam hari, maka Anda bisa melakukan meditasi. Cara tersebut terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur nantinya. Jika Anda mengalami insomnia, maka memanfaatkan meditasi akan jadi membuat lebih rileks serta tenang sebelum Anda tertidur.

  • Olahraga

Dengan rutin berolahraga setiap hari sekalipun hanya sebentar akan membuat diri Anda ingin tidur lebih cepat lagi. Serta hal itu membuat Anda memiliki tidur yang berkualitas. Dengan begitu nantinya Anda tidak akan kesulitan ketika harus bangun pagi.

 

 

Tips Supaya Tidak Malas Bangun Pagi

  • Segera Minum Air Putih

Lemah dan lesu merupakan gejala dehidrasi yang dapat memicu terjadinya kantuk, merusak mood dan juga merubah kemampuan kognitif. Dengan Anda meminum segelas air ketika bangun di pagi hari, hal itu akan membuat Anda merasa segar. Jika masih merasakan lemas, maka Anda bisa memperbanyak minum air putih.

  • Segera Cuci Muka

Air dingin terbukti dapat membuat rasa malas ketika bangun saat pagi hari jadi berkurang. Jika Anda malas untuk mandi, maka cuci muka merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan.

 

Akibat Ketika Jarang Bangun Pagi

  • Kehilangan Waktu-Waktu Produktif

Para ahli menyebutkan bahwasannya waktu yang sangat produktif yaitu pagi hari. Karena di saat itulah pikiran masih bersemangat dan jernih. Namun jika disini Anda tidur terlalu lama, maka Anda akan merasakan waktu tersebut hilang. Sehingga membuat Anda kehilangan waktu-waktu produktif tersebut.

  • Letih dan Lesu

Cara agar mengembalikan kesegaran tubuh bukan dengan tidur terlalu lama. Letih dan lesu disebabkan oleh karena metabolisme dalam tubuh terganggu. Hal itu diakibatkan Anda yang seringkali bangun siang.

  • Metabolisme Jadi Bermasalah

Saat Anda tidur dalam waktu yang terlalu lama, maka tubuh tidak dapat berfungsi sesuai dengan ritme seharusnya. Metabolisme di dalam tubuh nantinya akan terganggu. Oleh karena itu, usahakan untuk Anda rutin bangun pagi.

  • Merasakan Sakit Kepala

Sakit kepala juga bisa diakibatkan oleh karena tidur yang terlalu lama. Hal itu diakibatkan cerebrospinal bergerak ke otak. Jika terjadi berlarut-larut, maka sakit kepala yang dirasakan pun akan semakin parah.

 

Risiko Bangun Siang

Memiliki kebiasaan bangun siang sangatlah tidak dianjurkan. Ada banyak sekali resiko nantinya. Berikut ini beberapa resiko ketika Anda seringkali bangun siang.

  • Obesitas

Saat Anda tidur dalam jangka waktu yang lama, seperti contohnya 9 hingga 10 jam, akan membuat Anda memiliki risiko obesitas. Hal ini juga menjadi dampak ketika Anda merasa kurang tidur. Tidur terlalu lama akan membuat waktu makan jadi terlewatkan. Sehingga hal tersebut hanya menjadikan Anda makan berlebihan ketika bangun nantinya.

  • Mengalami Gangguan Mental

Nyatanya kebiasaan bangun siang juga memiliki dampak pada kesehatan mental. Orang yang mengalami masalah depresi kesulitan untuk dapat tidur. Jika hal tersebut dibiarkan tentu akan makin parah.

  • Sakit punggung

Nyeri di area punggung memang dapat mereda ketika Anda beristirahat. Namun jika terlalu lama beristirahat hal tersebut justru akan semakin memperburuk keadaan. Tidur dalam waktu yang berlebih dengan posisi yang tidak berubah akan membuat tulang punggung jadi terasa nyeri dan kaku. Oleh karena itulah, biasakan diri mulai saat ini untuk bangun pagi dan kurangi waktu tidur Anda.

 

Itulah tadi ulasan mengenai apa manfaat yang bisa didapat ketika Anda rajin bangun pagi. Bangun pagi memang sangatlah dianjurkan oleh banyak ahli di bidang kesehatan. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai masalah tersebut, maka bisa mengunjungi http://drewcare.id/.