Apakah Penggunaan Air purifier HEPA Filter Dapat Mencegah Corona?

Pandemi virus corona seperti tidak ada habisnya setelah setahun berlalu, kita sebagai masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengenakan masker dan cuci tangan dengan air dan sabun mengalir serta sebaiknya langsung mandi setelah beraktivitas dari luar. Salah satu upaya untuk mencegah paparan virus corona adalah dengan menggunakan pembersih udara dengan HEPA Filter.

Tentu saja tidak ada yang ingin sampai terinfeksi virus corona. Pembersih udara dengan HEPA Filter sering digunakan di masa pandemi ini. Pasalnya, perangkat tersebut dilengkapi dengan filter yang mampu menghilangkan partikel udara terkecil dan juga dipercaya menghilangkan partikel virus corona.

 

Apa itu HEPA Filter?

HEPA (High Efficiency Particulate Air) merupakan salah satu jenis filter udara yang telah dirancang untuk dengan sistem penyaringan asap rokok, debu, bulu hewan, dan partikel lainnya yang ada di udara. Filter ini membantu menjaga udara di rumah tetap bersih dan segar berkat adanya HEPA Filter ini.

Filter HEPA biasanya ditemukan di penyedot debu dan pembersih udara ruangan atau yang lebih dikenal sebagai air purifier. Kebanyakan orang menggunakan filter ini pada air purifier dengan tujuan untuk menyerap partikel mikroskopis berukuran sangat kecil yang dapat membantu mencegah alergi dan serangan asma.

Filter HEPA termasuk salah satu filter yang kuat karena dapat menyaring hingga partikel di udara yang berukuran 0.3 mikron. HEPA Filter akan menyedot udara kemudian menyaringnya dan membersihkannya sehingga udara akan lebih bersih.

Penggunaan sistem HVAC (High Efficiency Particulate Air) biasanya udara akan disaring menggunakan prefilter melalui medium filter kemudian akan disaring lagi menggunakan HEPA Filter sehingga udara yang telah disaring terjamin lebih bersih dan sehat untuk dihirup. Hanya saja alat atau sistem harus terus dijaga karena jika rusak justru penyaringan menjadi tidak optimal.

 

Apa Itu Air purifier?

Setelah memahami apa itu HEPA Filter, lalu apa itu air purifier? Mengapa air purifier yang baik membutuhkan HEPA Filter? Air purifier merupakan suatu alat pembersih udara yang menghilangkan polutan dari udara di rumah Anda.

Pembersih udara digunakan untuk menghilangkan semua partikel berbahaya dari udara yang terkumpul di udara yang ada di ruangan Anda namun tidak semua jenis polutan udara dapat disaring. Ini bergantung pada teknologi yang digunakan air purifier.

Beberapa jenis polutan seperti jamur, virus, debu, serbuk sari, bulu hewan, dan bakteri, dapat ditangkap dan disaring oleh pembersih udara. Jadi, tergantung pada apakah Anda memerlukan pembersih udara di rumah Anda dan faktor lingkungan menentukan apakah Anda membutuhkan pembersih udara atau tidak.

Namun, jika Anda tinggal di kota besar, Anda harus selalu menjaga kebersihan udara di rumah Anda,  terutama jika Anda memiliki anak, orang tua, atau keluarga yang memiliki gangguan pernapasan. Atau bahkan jika rumah Anda kekurangan sirkulasi udara dari jendela, ventilasi, dll.

Adanya alat pembersih udara ini akan sangat membantu menyedot udara di rumah Anda dengan menghilangkan partikel berbahaya darinya melalui serangkaian filter dan menghasilkan udara yang lebih bersih dan sehat.

Air purifier kemudian mensirkulasikan udara bersih ke dalam ruangan dengan menyaring udara yang kotor yang tidak baik jika dihirup. Proses ini diulang beberapa kali dalam satu jam untuk menjaga lingkungan tetap sehat.

 

Apakah Filter HEPA Dapat Mencegah Virus Corona?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda dapat menggunakan filter HEPA di rumah untuk mencegah paparan virus corona. Menurut laporan konsumen, pakar kualitas udara dan ahli virologi mengatakan filter HEPA tidak dapat benar-benar menghentikan penyebaran virus corona.

Filter jenis ini hanya dapat memberikan perlindungan dalam kondisi tertentu, seperti saat dalam masa penyembuhan atau isolasi mandiri atau di ruangan karantina. Air purifier dengan filter HEPA membantu melindungi anggota keluarga dan staf profesional kesehatan yang bertanggung jawab atas pemantauan pasien.

Sampai sekarang memang belum ada bukti apakah HEPA Filter benar-benar dapat membunuh virus corona di udara apalagi sekarang sudah ada virus corona baru yang telah bermutasi. Meskipun begitu, di tahun 2003 saat wabah SARS menyerang, Otoritas Rumah Sakit Hongkong menyarankan untuk menggunakan pembersih udara yang telah dilengkapi HEPA Filter.

Penggunaan HEPA Filter ini digunakan dengan tujuan untuk mengurangi risiko penularan kepada staf kesehatan yang merawat penderita. Dalam jurnal Infectious Diseases juga menunjukkan bahwa penyaringan udara dapat membantu mengurangi penularan influenza dan campak.

Apabila HEPA Filter yang digunakan memiliki MERV (Minimum Efficiency Reporting Value) yang tinggi, maka lebih baik untuk menyaring udara apalagi jika udara tersebut ternyata tersebar partikel virus corona. Alat ini sering digunakan untuk menyaring ruangan di rumah sakit seperti ruang operasi dan ruangan lainnya yang harus selalu steril.

 

Cara Terbaik Mencegah Penularan Virus Corona

Pembersih udara memang tidak dapat menyaring virus corona 100% namun setidaknya bisa mengurangi dan membantu mencegah penularan virus ini dan lainnya yang dapat menyerang saluran pernapasan. Cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Protokol kesehatan tersebut meliputi menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengenakan masker sesuai kriteria, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer saat di luar, tetap di rumah saat tidak ada keperluan mendesak. Pastikan juga suatu ruangan memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga pertukaran udara dapat lebih baik.

 

Air purifier Dengan HEPA Filter

Meskipun sudah mematuhi protokol kesehatan, tidak ada salahnya juga untuk menyediakan air purifier yang telah dilengkapi dengan HEPA Filter yang diletakkan di rumah Anda. Ini tentu bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona dan juga virus-virus lainnya yang menyebar melalui udara

Sebaiknya belilah air purifier atau pembersih udara yang memang sudah terpercaya meskipun harganya sedikit mahal. Ini karena hal ini menyangkut kesehatan. Salah satu air purifier terbaik yang menjadi pilihan keluarga yaitu DREW Pure 5 Air purifier.

DREW PureAir purifier merupakan produk baru dari DREW namun sudah banyak review positif untuk produk ini. Produk ini dapat membersihkan udara dengan lebih baik menggunakan teknologinya yang lebih canggih. Penggunaannya juga sangat mudah hanya perlu klik tombol pengoperasian.

Penggunaan DREW Pure 5 Air purifier akan membuat udara di rumah Anda akan menjadi lebih berbeda setelah penggunaan secara rutin. Tidak perlu khawatir karena mesin pembersih udara ini sangat aman untuk hewan peliharaan bahkan juga membersihkan udara dari asap rokok dan juga gas maupun asap saat memasak.

Air purifier ini mampu mengatur tenaganya sesuai dengan kualitas udara ruangan atau disebut Auto Mode. DREW Pure 5 Air purifier menggunakan HEPA Filter 13 dengan karbon aktif untuk menghilangkan bau. Ada juga fitur UVC light untuk membunuh virus dan berbagai polutan udara yang sering menyerang saluran pernapasan.