Beberapa Hal Seputar Paru-paru Manusia

Paru-paru merupakan salah satu organ vital atau organ penting yang ada pada tubuh manusia, organ tersebut memiliki dua bagian yang dapat menampung total udara sebanyak 6 liter. Di mana setiap bertambah usia seseorang akan membuat fungsi dan kapasitas paru-paru mengalami penurunan, terutama bagi mereka yang sudah menginjak usia 35 tahun.

 

Bagian Bagian Paru-paru Manusia Beserta Tugasnya

Paru-paru manusia memiliki 4 bagian yaitu bronkus, bronkiolus, pleura, dan alveoli. Keempat bagian paru-paru manusia tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, berikut adalah penjelasan mengenai keempat bagian paru-paru tersebut.

  • Bronkus

Bronkus merupakan sebuah cabang batang yang bisa ditemukan setelah tenggorokan dan sebelum paru-paru. Gampangnya bronkus adalah jalur pernapasan yang memiliki tugas untuk menyalurkan udara dari trakea sampai ke alveolus. Bronkus juga berfungsi sebagai penyaring bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan, hal tersebut karena cabang batang ini memiliki jenis sel berbulu dan berlendir yang bisa menghentikan bakteri jahat masuk lebih jauh ke dalam paru-paru.

 

  • Bronkiolus

Selanjutnya ada bronkiolus yang memiliki tugas untuk menyalurkan udara yang masuk ke paru-paru dari bronkus sampai ke alveoli. Bronkiolus juga memiliki tugas lain yaitu mengatur atau mengontrol jumlah udara yang keluar masuk ke paru-paru selama proses pernapasan.

 

  • Pleura

Pleura merupakan membran yang memiliki tugas untuk melapisi paru-paru agar tidak mengalami iritasi ketika paru-paru berkembang dan mengecil saat melakukan proses pernapasan. Pleura akan mengeluarkan sejenis lendir yang dikenal dengan sebutan serous, di mana lendir ini yang akan melumuri paru-paru agar bisa mengembang dan mengecil tanpa terjadi iritasi.

 

  • Alveoli

Alveoli merupakan kelompok kecil yang terdapat pada ujung bronkiolus. Kelompok kecil ini memiliki tugas untuk menukar oksigen menjadi karbondioksida, dimana hal tersebut dibantu dengan rongga berbentuk cekung pada alveoli yang juga dikelilingi oleh banyak sekali kapiler kecil.

 

Tugas dari Paru-paru Manusia

Paru-paru manusia memiliki tugas utama sebagai tempat pernapasan yang mengubah udara yang mengandung oksigen menjadi karbondioksida dari darah. Jika paru-paru bekerja dengan normal maka kesehatan manusia juga akan baik-baik saja. Begitupun sebaliknya, jika paru-paru mengalami permasalahan maka kondisi kesehatan manusia akan terganggu, hal ini menjadikan paru-paru sebagai salah satu organ paling vital yang dimiliki oleh manusia.

 

Paru-paru manusia dibagi menjadi paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Di mana kedua paru-paru tersebut memiliki bobot yang berbeda-beda, dari paru-paru kiri yang memiliki berat antara 325 sampai 550 gram sedangkan paru-paru kanan memiliki berat antara 375 sampai 600 gram. Untuk jumlah lobus setiap bagian juga berbeda-beda, dari paru-paru kiri yang memiliki 2 buah lobus sedangkan paru-paru kanan memiliki 3 buah lobus.

 

Beberapa Hal Seputar Paru-paru Manusia

 

Macam Macam Penyakit Paru-Paru Manusia

  • Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh sebuah bakteri bernama mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini sangat berbahaya karena tidak hanya menyerang paru-paru manusia saja, namun dia juga bisa menyerang organ tubuh lainnya seperti ginjal, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, hingga tulang manusia. Biasanya penularan TBC melalui udara dari cairan pernapasan yang dikeluarkan dari bersin atau batuk.

 

  • Pneumonia

Pneumonia atau lebih dikenal dengan sebutan paru-paru basah adalah sebuah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh infeksi kantung-kantung udara di dalam paru-paru sehingga menjadi pembengkakan. Penyebab infeksi pembengkakan tersebut adalah jamur, virus atau bakteri, untuk proses penularannya masih sama seperti TBC yakni dari cairan bersin atau batuk yang menyebar lewat udara.

 

  • Asma

Asma biasanya identik dengan susah bernapas, hal ini karena terjadinya penyempitan saluran pernapasan seseorang. Umumnya penderita asma memiliki saluran pernapasan yang sangat sensitif, sehingga jika terkena asap, debu, udara dingin, zat kimia, atau virus bisa membuatnya sangat susah untuk bernapas.

 

  • Bronkitis

Untuk penyakit bronkitis biasanya dikarenakan virus yang menyebabkan percabangan saluran udara (bronkus) mengalami radang. Untuk penularannya masih dari lendir saat batuk atau bersin yang tidak sengaja ditelan oleh orang lain.

 

  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru obstruktif kronis atau yang disingkat PPOK ada dua jenis yaitu emfisema dan bronkitis kronis, di mana keduanya ini terjadi karena ada gangguan pada udara yang masuk atau keluar dari paru-paru. Biasanya kedua penyakit ini terjadi karena terkena asap rokok baik itu oleh seorang perokok aktif maupun perokok pasif.

 

Emfisema terjadi karena ada kerusakan atau radang pada kantung kecil paru-paru yang memiliki tugas untuk mengubah oksigen menjadi karbondioksida. Sedangkan bronkitis kronis terjadi karena ada radang pada dinding bronkus, sehingga udara yang masuk maupun keluar mengalami gangguan.

 

 

Cara Menjaga Paru Paru Agar Terhindar Dari Penyakit

  • Jangan Pernah Merokok

Salah satu faktor utama penyakit paru-paru adalah asap rokok, baik itu bagi mereka yang perokok aktif maupun perokok pasif. Jika Anda seorang perokok aktif sebaiknya berhenti karena asap rokok merupakan salah satu penyebab paling berbahaya pada sistem pernapasan khususnya paru-paru. Jika Anda bukan seorang perokok maka jauhi orang-orang yang merokok atau menutup hidung ketika Anda sedang bersama seorang perokok aktif, hal ini agar Anda tidak menjadi perokok pasif.

 

  • Melakukan Olahraga Rutin

Untuk menjaga kondisi tubuh (bahkan paru-paru) bisa Anda lakukan dengan rutin melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat, Anda cukup melakukan lari santai saja sudah bisa membuat paru-paru Anda ikut berolahraga karena paru-paru akan secara otomatis mengatur napas ketika Anda sedang lari.

 

  • Kurangi Aktivitas Diluar Ruangan

Maksud dari mengurangi aktivitas luar ruangan disini adalah menghindari daerah-daerah yang memiliki polusi udara seperti tempat berdebu atau berasap tebal. Tempat-tempat seperti itu bisa menyebabkan udara kotor masuk ke dalam paru-paru dan akan membuat paru-paru terkena penyakit, gunakan masker jika memang diharuskan untuk mendatangi tempat yang memiliki polusi udara.

 

  • Melakukan Vaksin

Ada pepatah yang mengatakan “sedia payung sebelum hujan”. Hal ini sama seperti melakukan vaksin, di mana sebaiknya Anda menerima vaksin agar kondisi tubuh lebih kuat ketika menghadapi jamur, bakteri, atau bahkan virus yang akan merusak tubuh.

 

Makanan yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Paru Paru Manusia

  • Ikan Salmon

Ikan salmon memang terkenal kaya akan khasiat, salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang dapat membantu dalam menjaga paru-paru agar tetap sehat. Selain itu ada selenium yang sangat bagus untuk antioksidan didalam tubuh.

 

  • Teh Hijau

Teh hijau terkenal memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang bisa menekan pertumbuhan kanker paru-paru. Bahkan dengan teratur mengkonsumsi teh hijau bisa membantu mengurangi terjadinya PPOK.

 

  • Buah Apel

Buah apel ternyata bisa meningkatkan fungsi dari paru-paru. Hal ini karena kandungan phytochemical yang ada di dalamnya.

 

Itu dia beberapa penjelasan seputar paru-paru manusia. Di mana Anda bisa mengetahui tentang bagian-bagian paru-paru manusia, tugas dari paru-paru itu sendiri, penyakit apa saja yang bisa dialami oleh paru-paru, kemudian cara menjaga paru-paru agar tetap sehat, sampai yang paling terakhir adalah makanan apa saja yang bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru manusia.