Cara Efektif Menurunkan Risiko Infeksi Covid-19

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 bisa dikatakan belum juga usai. Tidak hanya itu, ancaman dan juga resiko infeksi Covid-19 pun masih tinggi. Hal ini tentu menjadi catatan yang sangat penting untuk masyarakat agar mereka senantiasa aman dari paparan.

Perlu diketahui bahwa Covid-19 bukan masalah sepele. Sudah sangat banyak orang yang menjadi korban dan hingga kini masih saja terus bertambah. Oleh karenanya, sebagai individu, ada berbagai cara yang perlu dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari risiko paparan Covid-19 tersebut.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa cara efektif yang bisa dilakukan masing-masing individu agar terhindar dari risiko paparan Covid-19 tersebut. Dengan beragam langkah ini, bisa jadi Anda tidak hanya terbebas dari paparan Covid-19, tetapi juga membuat virus ini tidak bisa menyebar lagi.

 

Ragam Cara Efektif yang Bisa Dilakukan untuk Meminimalkan Risiko Covid-19

Pencegahan pada Covid-19 adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain berbahaya, Covid-19 juga bisa menyebabkan serangan brutal dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karenanya, dengan melakukan pencegahan, tentu saja Anda tidak perlu mengalami proses pengobatan atau dampak buruk dari virus ini.

Terkait pencegahan terhadap paparan Covid-19, CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit AS memaparkan beberapa cara efektif yang bisa dilakukan. Adapun cara yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengenakan masker

Masker menjadi salah satu peranti yang sangat penting perihal upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Hal ini dikarenakan dengan mengenakan masker, maka ada perlindungan yang lebih pada hidung dan juga mulut. Sebagaimana diketahui, Covid-19 adalah virus airborne yang menyebar melalui media udara.

Dalam hal ini, Anda sebagai individu dan bagian masyarakat, ada baiknya berusaha terus mengenakan masker, terutama di luar ruangan. Tidak hanya itu, masker yang dikenakan pun sebaiknya merupakan masker medis sebagaimana yang disarankan. Hal ini dikarenakan masker medis memiliki perlindungan lebih maksimal dibandingkan dengan masker kain.

  • Menjaga jarak

Risiko paparan Covid-19 akan cenderung meningkat ketika terjadi kerumunan. Hal ini dikarenakan kerumunan tersebut memudahkan penyebaran Covid-19, terutama jika tidak diketahui mana seseorang yang menjadi courier dari virus tersebut.

Oleh karenanya, salah satu anjuran yang sebaiknya ditaati perihal usaha menurunkan risiko paparan Covid-19 adalah senantiasa menjaga jarak. Dengan menjaga jarak, maka risiko dari paparan virus akan cenderung lebih minimal, terlebih virus memiliki daya lempar terbatas jika berasal dari bersin penderita.

Lalu, berapa jangka jarak yang harus dijaga tersebut?

Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda menjaga jarak aman sekitar 1 meter dari orang lain, terutama ketika berada di luar rumah. Tentu saja, semakin jauh jarak tersebut, maka semakin bagus dan risiko paparan Covid-19 pun akan semakin kecil.

Cara Efektif Menurunkan Risiko Infeksi Covid-19

  • Melaksanakan vaksinasi

Bisa dikatakan jika saat ini, negara-negara di dunia sedang gencar untuk melaksanakan vaksinasi sebagai salah satu upaya untuk menangani penyebaran Covid-19 yang belum terkendali. Memang, vaksinasi dianggap sebagai salah satu cara yang cukup ampuh untuk menekan penyebaran Covid-19 tersebut.

Dengan melakukan vaksinasi, maka tubuh akan memiliki kekebalan atau imunitas yang jauh lebih baik. Hal inilah yang membuat vaksinasi sangat disarankan untuk dilakukan.

Hanya saja, tentu Anda tetap harus mengikuti ketentuan dari vaksinasi yang dilakukan. Hal ini dikarenakan vaksinasi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu nantinya harus mendapatkan perhatian ekstra dan bisa jadi tidak memungkinkan untuk dilakukan vaksinasi.

  • Menghindari ruangan yang tertutup

Ada kalanya jika Anda harus pergi ke luar rumah untuk beberapa aktivitas atau melakukan keperluan. Nah, dalam hal ini, tentu saja ada baiknya jika Anda berusaha untuk menghindari kerumunan serta senantiasa menjaga jarak dengan orang lain untuk meminimalkan risiko paparan Covid-19.

Selain itu, apa yang penting untuk dilakukan adalah sebaiknya Anda menghindari ruangan yang cenderung tertutup, seperti restoran, bioskop atau tempat lainnya. Perlu diketahui bahwa risiko paparan Covid-19 akan cenderung meningkat beberapa kali di ruangan tertutup.

Jika Anda, misalnya, ingin makan bersama keluarga di restoran, berusahalah untuk memilih tempat yang terbuka. Restoran dengan konsep terbuka atau banyak ventilasi cenderung aman karena adanya pertukaran udara yang lebih baik.

  • Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan adalah hal yang sebenarnya cukup sederhana. Namun, perlu digaris bawahi bahwa kebiasaan ini bisa menjadi hal yang penting untuk mencegah penularan Covid-19. Nah, cuci tangan sebagai upaya untuk mencegah paparan Covid-19 harus dilakukan dengan benar.

Untuk mencuci tangan, pastikan Anda menggunakan sabun antiseptik yang tepat serta lakukan secara menyeluruh. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari saat mencuci tangan tersebut.

Cuci tangan bisa dilakukan di beberapa waktu yang cukup penting, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum menyiapkan dan menyantap makanan
  • Sebelum menyentuh area wajah
  • Setelah buang air
  • Setelah berada di luar rumah, terutama dalam waktu yang cukup lama
  • Setelah menahan batuk dan bersin
  • Setelah mengurusi orang sakit
  • Setelah bersentuhan dengan orang lain
  • Dan lainnya

Bisa jadi, Anda merasa bahwa mencuci tangan adalah hal yang menjemukan. Namun, demi kesehatan dan juga bebas dari paparan Covid-19, maka Anda sebaiknya melakukannya.

  • Menjaga kesehatan

Bisa dikatakan jika hingga saat ini belum ditemukan obat yang secara khusus bisa digunakan untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Oleh karenanya, penyembuhan akan mengandalkan kondisi imunitas tubuh.

Nah, untuk menekan risiko paparan Covid-19, maka Anda harus menjaga kesehatan dengan tepat. Dengan kesehatan tubuh dan imunitas yang lebih baik, maka risiko terkena paparan Covid-19 pun akan lebih kecil.

Untuk menjaga kesehatan, Anda perlu mengontrol pola keseharian. Pastikan jika Anda senantiasa mengonsumsi makanan yang bergizi serta melakukan olahraga dengan teratur. Selain itu, hindari stres berkepanjangan yang bisa membuat imunitas tubuh menurun.

 

Drew Care Air Purifier Untuk Pencegahan Covid-19 Lebih Optimal

Perlu diketahui bahwa Covid-19 menyebar secara airborne. Oleh karenanya, menjaga kebersihan udara, terutama di dalam rumah adalah hal yang penting guna memastikan udara di rumah bersih dari kontaminasi Covid-19.

Nah, untuk membantu Anda menjaga kebersihan udara di dalam rumah, kini sudah ada produk Drew Care Air Purifier. Seperti namanya, produk ini bisa diandalkan untuk memurnikan udara di rumah dari kontaminasi virus.

Dilengkapi dengan HEPA filter, produk ini bisa menyaring udara dengan sempurna. Selain itu, karena memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, air purifier ini bisa dengan mudah ditempatkan di mana saja demi perlindungan yang lebih maksimal.

Tentu saja, penggunaan Drew Care Air Purifier di rumah serta pelaksanaan beberapa poin di atas akan memaksimalkan usaha untuk meminimalkan risiko infeksi Covid-19 yang Anda lakukan. Gunakan produk tersebut dan dapatkan manfaat terbaiknya. Semoga bermanfaat.