Jenis Masker untuk Menangkal Corona

Masker sudah lama didapuk sebagai alat paling efektif dan wajib untuk dikenakan ketika dunia sedang bergelut melawan virus Corona. Alat kesehatan yang satu ini memang mampu membantu manusia untuk bernapas dengan aman tanpa khawatir akan droplet atau virus di udara yang kemungkinan bisa tidak sengaja terhirup oleh hidung mereka. Lantas, apa sajakah masker yang paling ampuh untuk memenuhi hal tersebut?

 

Manfaat Masker untuk Melawan Corona

Bahkan sebelum ada pandemi, masyarakat sudah seringkali memakai masker kesehatan sebab alat ini dianggap mampu melindungi tubuh dari penularan penyakit yang berbahaya. Selain itu, ada banyak sekali manfaat dari masker yang bisa didapat, seperti berikut ini:

  • Melindungi Manusia dari Penyakit yang Menular

Manfaat utama yang dimiliki masker tentu saja kemampuannya untuk melindungi manusia dari berbagai penyakit menular yang mampu menyebar dari udara. Apabila memakai masker dengan tepat, maka masker ini mampu mencegah penyebaran bakteri dan virus yang keluar dalam bentuk cairan atau lendir ketika seseorang sedang batuk atau bersin.

Karena itulah, ahli kesehatan di seluruh dunia telah menyarankan berbagai lini masyarakat untuk senantiasa memakai masker ketika ingin keluar rumah dalam masa pandemi ini. Memakai masker menjadi salah satu paling baik agar kita semua tidak mudah menularkan atau tertular oleh virus Corona.

  • Melindungi Wajah dari Polusi dan Sinar Matahari

Tidak hanya melindungi dari penyakit saja, namun masker juga mampu melindungi wajah seseorang dari polusi dan sinar matahari. Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari telah terbukti mampu menimbulkan efek berbahaya bagi kulit manusia apabila terpapar dalam waktu yang terlalu lama. Untuk itulah, memakai masker menjadi cara alternatif yang mampu melindungi kulit wajah manusia dari paparan sinar matahari tersebut.

  • Melindungi Sistem Pernapasan dari Polusi Udara

Selain sinar matahari, polusi udara juga semakin lama semakin memburuk terlebih karena jumlah kendaraan pribadi pun makin membludak. Asap kendaraan yang makin melimpah lalu ditambahi dengan kehadiran debu, asap pabrik, dan rokok tentu akan memperburuk kondisi udara pada daerah tertentu yang mampu membahayakan kesehatan paru-paru manusia. Untuk mencegah hal tersebut, memakai masker adalah hal yang tepat ketika sedang ingin berpergian ke tempat lainnya.

 

Jenis Masker untuk Menangkal Corona

 

Apa Masker Bisa Digunakan Lebih dari Sekali?

Masker yang kini sering ditemukan di pasaran atau supermarket umumnya terbuat dari alat medis yang mampu melindungi pernapasan manusia dengan lebih ampuh. Akan tetapi, bolehkah masker tersebut dipakai selama lebih dari sekali? Pada dasarnya, hal tersebut tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuat masker tersebut.

Ada bahan yang diperbolehkan untuk dipakai selama lebih dari sekali dan dapat bertahan dalam waktu yang lama, ada pula yang hanya bisa dipakai untuk satu kali saja. Pada masa pandemi ini, ahli kesehatan lebih merekomendasikan masyarakat untuk memakai masyarakat yang bisa dipakai sekali saja sebab tingkat keamanannya lebih terjamin daripada yang lainnya.

 

Ciri-Ciri Masker Asli

Meskipun kini masker sudah semakin banyak diproduksi, namun tidak semua masker tersebut ampuh dan aman untuk dipakai terlebih dalam melawan ancaman virus Corona. Ada beberapa ciri mencolok yang menunjukkan keaslian suatu masker, dan beberapa ciri-ciri tersebut adalah:

  • Diakui oleh Kementrian Kesehatan

Ciri pertama yang menunjukkan bahwa suatu masker merupakan produk asli adalah adanya label tertentu pada kemasan produknya. Label tersebut memiliki arti bahwa masker itu telah diakui oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, sehingga tingkat keamanan dan keasliannya pun sudah sangat terjamin dan bisa digunakan oleh masyarakat dengan leluasa ketika ingin bepergian kemanapun.

  • Memiliki Lapisan Tebal

Masker yang asli umumnya terdiri atas tiga lapisan tebal. Beberapa lapisan tersebut mampu membuat masker menjadi lebih efektif dan memiliki kemampuan filtrasi udara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan penutup wajah yang lainnya.

 

Jenis Masker yang Paling Ampuh

Jenis masker yang ada di dunia ini bisa dibilang sangat bervariasi dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang sangat ampuh untuk melawan virus Corona, namun ada pula yang hanya mampu digunakan untuk menangkal polusi saja. Beberapa jenis masker yang cocok untuk dipakai ketika masa pandemi Corona adalah:

  • Masker Bedah

Masker bedah merupakan jenis masker pertama yang paling sering dipakai oleh para tenaga medis ketika mereka sedang bertugas merawat pasien atau ingin melakukan operasi pada pasien tertentu. Namun, masker ini juga sering dijual di toko-toko tertentu dan harganya pun tidak terlalu mahal, sehingga masyarakat pun seringkali membeli masker ini untuk dipakai sehari-hari.

Jenis masker yang satu ini dianggap sangat efektif untuk mencegah proses penyebaran Corona karena memiliki beberapa lapisan yang bisa menghalangi percikan air liur terbang ke udara. Beberapa lapisan tersebut memiliki fungsi masing-masing, yakni:

  • Lapisan dalam berguna sebagai pihak yang menyerap cairan dari dalam mulut.
  • Lapisan luar memiliki fungsi untuk melindungi masker dari cipratan air.
  • Lapisan tengah berfungsi untuk menyaring kuman yang berasal dari udara.

 

 

Meskipun sangat ampuh, namun pada saat ini keberadaan masker bedah semakin langka ditemukan sebab masker ini lebih diutamakan untuk para tenaga medis yang menjadi garda paling depan untuk melawan virus Corona. Apabila memang tidak menemukan masker bedah, maka gunakanlah masker jenis lain yang tidak kalah ampuh.

  • Masker N95

Masker N95 memang mematok harga yang cukup mahal untuk dijangkau oleh para pembelinya, namun hal tersebut tentu sesuai dengan kualitasnya yang memang sangat bagus. Sebab, masker ini mampu menghalau setiap partikel kecil di udara yang kemungkinan besar mengandung virus tertentu.

Meskipun begitu, masker yang satu ini tidak direkomendasikan untuk dipakai sehari-hari sebab desainnya yang menutupi mulut dan hidung orang dewasa secara pas akan membuat penggunanya menjadi kesulitan untuk bernapas. Sehingga, masker N95 lebih disarankan pada pihak medis yang berhubungan langsung dengan pasien Covid-19.

  • Masker Kain

Kementrian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan pernyataan yang mengharuskan semua masyarakat untuk memakai masker kain ketika ingin beraktivitas di luar rumah. Masker kain memang tidak seefektif masker yang lainnya, namun masker ini mampu menghalau percikan air liur yang kemungkinan akan keluar ketika sedang bersin atau batuk.

 

Cara Memakai Masker yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa cara tepat untuk memakai masker:

  • Sebelum memakai masker, cucilah tangan terlebih dahulu.
  • Pastikan masker yang dipakai mampu menutupi dagu, mulut, dan hidung dengan sempurna.
  • Pegang strip logam yang ada di tengah hidung dan lekuk hingga tidak ada lubang yang tersisa.

 

Nah, itu dia proses dan manfaat menggunakan masker yang sangat berguna untuk melawan virus menular di tengah pandemi ini. Karena masker adalah alat yang paling bermanfaat bagi manusia pada masa sulit ini, maka gunakanlah alat ini dimanapun Anda berada.