Ketahuilah 5 Manfaat Air Purifier Bagi Kesehatan

Hidup di perkotaan terutama pusat kota yang selalu ramai akan kendaraan dan penduduk membuat kita seringkali mengalami kesulitan dalam mendapatkan udara bersih. Itulah mengapa diciptakan sebuah alat yang bernama air purifier. Manfaat air purifier yang utama yaitu tentu untuk membersihkan udara di dalam rumah.

Pertanyaan yang seringkali ditanyakan adalah apakah air purifier benar-benar dapat membantu menjernihkan udara dalam ruangan? Lalu apa bedanya jika menggunakan AC (Air Conditioner) yang juga dapat menyaring udara sehingga udara dalam ruangan menjadi lebih bersih? Apakah penting untuk membeli air purifier untuk digunakan di rumah?

 

Perbedaan Air purifier dan Air Conditioner

Sebelum menjawab semua pertanyaan tersebut, tidak ada salahnya untuk memahami bagaimana cara kerja air purifier terlebih dahulu sehingga Anda juga lebih mudah menentukan apakah membutuhkan air purifier atau tidak. Anda juga perlu memahami perbedaan antara air purifier dan air conditioner.

Seperti yang sudah diketahui, air purifier merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk membersihkan udara yang dihirup setiap harinya. Perlu diketahui bahwa air purifier berbeda dengan AC meskipun sekarang ini sudah banyak model AC yang dilengkapi dengan fitur air purifier.

AC biasanya lebih berfokus pada mendinginkan udara ruangan sekaligus membersihkan udara yang dihisap oleh mesin yang dipasang di luar ruangan kemudian menyaringnya dan menghasilkan udara dingin dalam ruangan.

Sedangkan air purifier tidak dapat mendinginkan udara melainkan membuat udara di sekitar menjadi lebih bersih dan segar sehingga udara menjadi bebas polusi. Udara yang dihisap adalah udara dari dalam ruangan kemudian dikeluarkan kembali yang diulang secara teru menerus membuat udara akan selalu terjaga kebersihannya.

Sudah bisa dilihat perbedaan antara air purifier dan air conditioner. Jadi apabila Anda bertujuan untuk mendinginkan ruangan, tentu bisa memilih AC dan jika ingin produk dengan tujuan kesehatan terutama untuk masalah pernapasan terutama asma atau alergi, maka sebaiknya sisihkan budget untuk membeli air purifier.

 

Cara Kerja Air Purifier

Setelah memahami perbedaan antara air purifier dan air conditioner, berikut juga akan dijelaskan bagaimana cara kerja air purifier untuk memurnikan udara dalam ruangan. Sebenarnya cara kerja air purifier bisa dibilang sangat sederhana.

Sesaat setelah air purifier dinyalakan, udara pada ruangan akan tersedot ke dalam bagian air purifier yang dibantu dengan kipas penyedot kemudian udara tersebut akan melewati filter yang telah dipasang di dalam alat yang biasanya terletak di bagian belakang air purifier.

Setelah disaring oleh filter tersebut, udara akan keluar sebagai udara yang lebih bersih melalui penyalur khusus yang berada di bagian depan air purifier. Udara yang keluar ini akan terasa lebih segar dan juga bebas dari berbagai polusi seperti kuman, bakteri, debu, jamur, dan berbagai polutan udara lainnya yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

 

Manfaat Air Purifier

Air purifier merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu mendukung kesehatan terutama untuk yang memiliki masalah pernafasan. Ini karena air purifier membuat udara dalam ruangan menjadi lebih bersih dan sehat. Ruangan yang memiliki udara yang lebih bersih tentu juga akan mendukung kesehatan juga. Beberapa manfaat air purifier untuk kesehatan yaitu:

  • Mengurangi risiko penularan penyakit

Salah satu manfaat pertama dari menggunakan air purifier adalah untuk membantu mencegah dan mengurangi risiko penyebaran penyakit yang dapat menyebar melalui udara seperti flu yang dapat menular dengan cepat. Inilah yang membuat anggota keluarga lainnya tiba-tiba menderita flu padahal awalnya hanya ada 1 orang saja.

Dengan penggunaan air purifier setiap hari, filter HEPA yang terpasang dapat membantu menyaring virus dan bakteri penyebab penyakit sehingga dapat mengurangi peluang keluarga menderita penyakit yang sama akibat virus dan bakteri yang masih ada di udara. Tidak menutup kemungkinan masih bisa tertular namun setidaknya dapat meminimalisir risikonya.

  • Menghilangkan bau tak sedap

Selain menyaring virus dan bakteri, penggunaan air purifier ternyata juga dapat mengurangi dan menghilangkan bau tak sedap setelah dipakai beberapa waktu. Hal ini dikarenakan beberapa air purifier telah dilengkapi dengan karbon aktif yang bertujuan untuk mengurangi bau tak sedap pada ruangan Anda.

Selain mengurangi bau, filter tersebut juga dapat menyaring polutan dari asap rokok sekaligus menghilangkan bau asap rokok yang sering kali menempel pada benda-benda seperti perabot rumah tangga. Untuk yang rumahnya terbuka, air purifier juga dapat membantu menyaring asap kendaraan bahkan asap atau gas setelah memasak.

  • Mengurangi kadar zat kimia berbahaya

Tanpa kita sadari, terkadang pada udara yang kita hirup ada kandungan berbagai zat kimia yang berbahaya. Sebenarnya apabila masih dalam kadar yang sangat sedikit, hal ini tentu tidak akan membahayakan tubuh. Namun terlalu banyak menghirup zat kimia tentu akan berdampak buruk pada tubuh yang sudah terakumulasi di dalamnya.

Polusi udara bisa termasuk zat kimia berbahaya termasuk gas, asap rokok, asap kendaraan, bahkan partikel-partikel yang mengelupas seperti cat dinding, furniture rumah, atau berbagai material lainnya yang tidak kita sadari seperti asbes, karpet, lantai, furniture, dan lainnya yang memang tampak biasa saja namun ternyata lama kelamaan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Penggunaan air purifier akan sangat bermanfaat dalam menyaring semua partikel-partikel berbahaya tersebut sehingga rumah terbebas dari polusi udara dan tubuh juga akan lebih sehat karena tidak ada lagi partikel-partikel zat kimia yang merusak tubuh terutama saluran pernapasan.

  • Mengurangi gejala asma

Karena udara dalam ruangan sudah lebih bersih berkat penyaringan yang dilakukan menggunakan air purifier, ini akan sangat membantu para penderita asma sehingga dapat membantu mengurangi gejalanya dan mencegahnya agar gejala tidak semakin memburuk. Ini karena partikel alergen juga sudah disaring oleh alat tersebut.

  • Menjaga kesehatan jantung

Penggunaan air purifier ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung yang telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan JAMA Internal Medicine. Selain menjaga kesehatan jantung, juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

 

Air Purifier Dengan HEPA Filter

Sekarang ini ada banyak pilihan air purifier yang dijual di pasaran sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Penggunaan air purifier dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang untuk kesehatan tubuh keluarga. Salah satunya yaitu DREW Pure 5 Air Purifier.

DREW Air Purifier ini aman digunakan untuk keluarga bahkan apabila Moms ingin meletakkannya di kamar si kecil juga sangat aman apalagi bagi yang memiliki hewan peliharaan juga akan aman untuk mereka. DREW Pure 5 Air Purifier telah dilengkapi dengan HEPA filter sehingga penyaringan lebih optimal dan karbon aktif akan membantu mengurangi bau tak sedap.

Sudah banyak yang membuktikan manfaat air purifier dengan menggunakan DREW Pure 5 Air Purifier bahkan penggunaannya juga sangat mudah hanya dengan menekan tombol dan fitur akan diaktifkan sesuai dengan kualitas udara dalam ruangan tersebut.