Kriteria Sembuh dari Covid-19

Meskipun belakangan ini banyak berita duka akibat Covid-19, namun sebaiknya Anda lebih fokus dengan berita yang mengabarkan bahwa sudah banyak orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Hal ini dimaksudkan supaya imun tubuh selalu bagus dan tidak menjadi down. Sebaiknya pikiran tidak melulu fokus pada berita duka yang mengabarkan banyaknya nyawa orang yang melayang akibat Covid-19.

 

Gejala Covid-19

Gejala infeksi virus corona sangat mirip dengan gejala flu biasa. Akan tetapi, pada kasus infeksi Covid-19, gejala yang dirasakan oleh penderita Covid-19 ada yang ringan, sedang, berat, bahkan ada yang tidak merasakan gejala sama sekali. Seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tanpa gejala, biasa disebut dengan OTG atau Orang Tanpa Gejala. Meskipun OTG, harus tetap melakukan isolasi diri.

Karena OTG dari luar nampak baik-baik saja, namun mereka inilah yang paling diwaspadai karena dapat menularkan virus tanpa orang lain mengetahuinya. Bahkan, akan berdampak fatal pada mereka yang rentan tertular seperti lansia, orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta, dan juga ibu hamil. Berikut gejala-gejala Covid-19 dari yang ringan, sedang, hingga berat:

  • Gejala ringan: kelelahan, batuk kering, dan demam.
  • Gejala sedang: diare, sakit kepala, ruam pada kulit, mata merah atau konjungtivitis, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri dan rasa tidak nyaman, anosmia atau hilang penciuman dan hilang indra perasa, serta adanya perubahan pada warna jari kaki atau tangan.
  • Gejala berat: hilangnya kemampuan bergerak atau berbicara, sesak napas atau kesulitan bernapas, dan adanya rasa tertekan pada dada atau nyeri dada.

 

Apa yang Harus Dilakukan Saat Positif Covid-19?

Penderita Covid-19 harus selalu menjaga imun tubuh agar selalu bagus supaya proses penyembuhannya sempurna. Ketika dinyatakan positif Covid-19, sebaiknya penderita menghindari beberapa hal yang menyebabkan imun menurun. Penderita Covid-19 lebih baik tidak banyak melihat berita-berita duka mengenai banyaknya jumlah nyawa orang yang melayang akibat paparan virus ini.

Dinyatakan positif Covid-19 bukan menjadi akhir dari kehidupan jika seseorang dapat menjaga dirinya sendiri untuk tidak berpikiran buruk terhadap kondisinya sendiri. Dengan begitu maka imun tubuh akan meningkat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika seseorang dinyatakan positif Covid-19. Beberapa hal ini dilakukan guna merawat diri sendiri serta mencegah penularan penyakit pada orang lain:

  • Istirahat dan minum air putih yang cukup

Penderita Covid-19 ada yang dengan gejala maupun tanpa gejala. Baik yang dengan gejala maupun tanpa gejala, sebaiknya melakukan istirahat serta minum air putih yang cukup. Selain itu, penderita Covid-19 juga bisa meredakan gejala yang timbul dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual secara bebas di apotek, contohnya asetaminofen.

  • Selalu menerapkan protokol kesehatan

Ketika dinyatakan positif Covid-19, maka seseorang harus selalu menggunakan masker meskipun di dalam rumah sekalipun. Namun jika memang kesulitan untuk bernapas, maka saat bersin atau batuk, sebaiknya menggunakan tisu bersih dan segera membuangnya di tempat sampah. Setelah itu mencuci tangan hingga bersih.

Selain menggunakan masker, penderita Covid-19 juga harus selalu menjaga jarak fisik dengan keluarga agar penularan dapat dicegah. Rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama paling tidak 20 detik sangat direkomendasikan. Hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan.

Penderita Covid-19 diharuskan untuk sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terutama saat setelah membuang batuk, bersin atau ingus, ketika ke kamar mandi, dan juga ketika sebelum makan maupun menyiapkan makanan. Sebaiknya mata, mulut, dan hidung dihindari untuk disentuh dengan tangan jika belum mencuci tangan.

Barang-barang rumah tangga seperti peralatan makan (piring, gelas, cangkir dan lain-lain), tempat tidur, kamar mandi, hingga handuk sebaiknya dipisah dengan anggota keluarga yang lain. Hal ini dimaksudkan supaya anggota keluarga yang lain tidak tertular virus Covid-19. Oleh karena itu sebaiknya penderita Covid-19 mengisolasi diri sendiri dulu di sebuah ruangan.

  • Tetap di rumah

Seseorang yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan biasanya akan pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan medis. Hal tersebut tentu didukung dengan imun yang kuat sehingga pemulihan sempurna. Untuk mencegah penularan terhadap orang lain, sebaiknya penderita Covid-19 tidak keluar rumah kecuali untuk mendapat perawatan medis.

Lebih baik tidak naik kendaraan umum maupun mengunjungi tempat umum dahulu. Selain itu, sebaiknya melakukan isolasi diri di kamar terpisah dari anggota keluarga yang lain dan tidak mendekati hewan peliharaan dahulu. Jika memang ingin berinteraksi dengan hewan peliharaan atau anggota keluarga lainnya, harus menggunakan masker.

 

Kriteria Sembuh dari Covid-19

 

Pemantauan Rutin Saat Positif Covid-19

Ketika dinyatakan positif Covid-19, maka penderita harus selalu memantau perkembangan dirinya sendiri dengan alat oximeter untuk memantau tingkat saturasi oksigen dalam darah dan thermometer untuk memantau suhu tubuh. Tingkat normal angka saturasi oksigen pada oximeter adalah 95-100 persen. Sedangkan tingkat rendah angka saturasi oksigen adalah di bawah 90 persen.

Jika angka saturasi oksigen semakin menurun, maka penderita Covid-19 wajib untuk diuap menggunakan tabung oksigen agar saturasi oksigen meningkat. Frekuensi napas yang normal pada orang dewasa adalah sebanyak 16-20 tarikan dan hembusan dalam satu menit. Jika napas menjadi lebih cepat semisal 24-30, maka penderita Covid-19 harus segera mendapatkan penanganan medis.

 

Kriteria Penderita Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Menurut WHO, penderita Covid-19 dinyatakan sembuh apabila sudah tidak lagi menunjukkan gejala-gejala Covid-19 meskipun tanpa harus konfirmasi tes swab PCR. Akan tetapi dalam beberapa kasus tetap harus melakukan tes swab PCR agar benar-benar terlihat hasil negatif. Berikut kriteria sembuh dari Covid-19:

  • Penderita OTG atau tanpa gejala: telah melewati masa isolasi selama 10 hari.
  • Penderita dengan gejala ringan-sedang: telah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari dan ditambah 3 hari tanpa gejala.
  • Penderita dengan gejala berat: telah melewati masa isolasi minimal selama 10 hari dan ditambah 3 hari tanpa gejala serta 1 kali hasil negatif dari tes swab PCR.

 

Ketentuan Kriteria Kesembuhan untuk Penderita Covid-19

Apabila penderita Covid-19 masih merasakan gejala setelah melewati masa isolasi 10 hari, maka harus ditambah dengan 3 hari tanpa gejala. Contoh ketentuan adalah jika gejala yang dirasakan 14 hari, maka isolasi harus dilakukan selama 14 hari ditambah dengan 3 hari tanpa gejala sehingga isolasi dilakukan selama 17 hari yang terhitung sejak gejala Covid-19 mulai muncul.

Oleh karena itu, seseorang harus mengetahui apa saja yang merupakan gejala Covid-19 sehingga dapat segera mengisolasi diri dari anggota keluarga lainnya. Kemudian penderita Covid-19 harus melakukan beberapa hal ketika dirinya dinyatakan positif Covid-19. Selain itu, penderita Covid-19 juga harus selalu rutin memantau perkembangan dirinya sendiri dengan bantuan oximeter dan thermometer.