Langkah Mudah Mengurangi Polusi Udara

Anda tentu sudah tidak asing dengan polusi udara, apalagi jika tinggal di daerah perkotaan. Meski terdengar sepele, ternyata polusi udara bisa membuat kualitas udara di sekitar tempat tinggal menjadi buruk. Jika terus berlanjut, maka kesehatan keluarga dan orang-orang sekitar akan terganggu.

Umumnya polusi udara yang ada di kota disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari asap kendaraan bermotor, asap rokok dan pabrik, debu yang beterbangan dan kabut asap yang didapatkan dari pembakaran hutan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi adanya polusi udara, berikut adalah rinciannya.

 

Cara Mengurangi Polusi Udara di Kota

  • Gunakan Kendaraan Umum

Cara pertama adalah dengan menggunakan kendaraan umum alih-alih memakai kendaraan pribadi. Asap dari kendaraan pribadi merupakan penyumbang utama dari polusi udara yang ada di kota. Dengan beralih ke kendaraan umum, maka polusi udara bisa Anda kurangi sekecil mungkin.

 

  • Bersepeda atau Jalan Kaki

Kalau jarak tempuk dekat, Anda disarankan untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda, cara ini cocok digunakan untuk pergi ke suatu tempat yang jaraknya tidak begitu jauh. Bersepeda atau jalan kaki tidak hanya mengurangi polusi udara, namun juga menyehatkan tubuh.

Jika memilih bersepeda atau berjalan kaki, Anda disarankan untuk tidak dekat dengan jalan raya, kalau bisa malah menghindarinya. Apalagi jika Anda membawa Anak Anda, lebih baik menggunakan jalur yang sudah ada sehingga terhindar dari paparan polusi asap milik kendaraan.

 

  • Tidak Membakar Sampah

Banyak masyarakat yang masih berpikir bahwa membakar sampah menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi sampah, apalagi jika sampah sudah tertimbun cukup lama. Jika dilakukan terus menerus, kebiasaan ini akan membuat pencemaran udara karena asap sampah yang dibakar. 

 

  • Menghentikan Kebiasaan Merokok

Meski sederhana, ternyata mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok akan membantu lingkungan terhindar dari polusi udara. Jika di rumah Anda ada anggota keluarga yang merokok, alangkah baiknya ditegur atau disarankan untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Menghentikan kebiasaan merokok tidak hanya baik untuk mereka yang melakukannya saja, namun juga baik untuk lingkungan dan orang di sekitarnya. Seperti yang diketahui, asap rokok mengandung berbagai zat beracun yang berbahaya untuk tubuh.

 

  • Membatasi Pemakaian Listrik

Tenaga listrik yang ada di Indonesia disokong oleh pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar batu bara, kadang menggunakan minyak bumi. Ini tentu akan membuat polusi udara terjadi jika Anda tidak peka dengan banyaknya pemakaian listrik yang digunakan. Untuk mengurangi hal tersebut, Anda disarankan untuk mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan.

 

 

Cara Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Meski di rumah, Anda dan keluarga tetap bisa mengurangi polusi udara, bahkan akan lebih baik jika mengajarkan kepada Anak Anda mengenai kebiasaan yang baik ini, di antaranya adalah:

  • Menjaga Kelembapan Udara

Ruangan dengan kelembapan yang tinggi umumnya disukai oleh bakteri, mikroba dan juga virus. Anda tentu tidak ingin keluarga dan Anak Anda sakit hanya karena ruangan penuh dengan bakteri yang berkembang baik. Cara yang tepat untuk mengurangi kelembapan di rumah adalah mengeringkan pakaian di luar serta memakai dehumidifier.

 

  • Tidak Merokok di Dalam Rumah

Jika ada anggota keluarga yang merokok, sebaiknya lakukan di luar rumah agar asapnya tidak mengenai Anak Anda dan anggota keluarga yang lain. Dengan tidak merokok di dalam ruangan, maka udara menjadi lebih bersih dan nyaman untuk dihirup.

 

  • Menggunakan Pengharum Ruangan Alami

Biasanya seseorang menggantungkan pengharum ruangan sintesis di dalam ruangan. Ini tidak dianjurkan, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan alami yang terbuat dari bahan organic. Misalnya menggunakan lemon serta soda kue, meletakkan tanaman di dalam ruangan dan lainnya.

 

Cara Mengurangi Polusi Udara untuk Diri Sendiri

Jika Anda sudah bertekad untuk mengurangi polusi udara sedini mungkin, beberapa cara berikut ini akan membantu dan bisa dilakukan seorang diri, di antaranya adalah:

  • Memelihara Lebih Banyak Tanaman

Kalau Anda memiliki banyak waktu luang, jangan ragu untuk menanam tanaman di sekitar rumah dan lingkungan. Udara tentu akan lebih segar dan lingkungan menjadi lebih indah dan hijau.

 

  • Menjaga Rumah Tetap Bersih

Pastikan bahwa rumah selalu dalam keadaan bersih untuk menjaga Anak Anda dan keluarga dari adanya polusi udara. Sapu rumah secara rutin, buka ventilasi udara dan biarkan udara segar masuk ke dalam rumah.

 

  • Mendaur Ulang Sampah

Sebelum dibuang, akan lebih baik jika Anda memilah terlebih dahulu sampah organic dan anorganik. Sampah organic bisa Anda jadikan kompos untuk tanaman, sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang untuk mengurangi pembakaran sampah.

 

Langkah Mudah Mengurangi Polusi Udara

 

Cara Mencegah Pencemaran Udara di Lingkungan

Tidak hanya di rumah saja, Anda juga bisa mengajak tetangga untuk menjaga lingkungan sekitar dari bahaya polusi udara, caranya adalah:

  • Mengajak tetangga sekitar untuk melakukan reboisasi dan menanam banyak pohon, bunga atau tanaman.
  • Tidak membakar sampah yang sudah menumpuk, pilah dan lakukan daur ulang untuk mengurang banyaknya sampah yang dibakar.
  • Mengadakan diskusi ringan kepada tetangga dan masyarakat sekitar mengenai pentingnya menjaga lingkungan dari pencemaran udara.
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin bisa digalakkan untuk mengurangi pencemaran lain yang mungkin terjadi.

 

Mengurangi Dampak Pencemaran Udara Lingkungan

Jika sudah terlalu parah, Anda tidak serta merta bisa mengajak semua orang untuk mengurangi pencemaran udara yang terjadi. Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengurangi dampak pencemaran yang sudah terjadi di lingkungan sekitar, di antaranya adalah:

  • Menerapkan Prinsip 4R

Anda tentu sudah pernah mendengar prinsip 4R, yakni reduce, reuse, recycle, replant. Prinsip ini memang sederhana, namun jika dilakukan dengan benar akan membantu mengurangi dampak pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar.

 

  • Melakukan Reboisasi

Jika di dekat lingkungan ada hutan atau tempat terbuka yang masih gundul, ajak masyarakat sekitar untuk menanam pohon. Dengan menanam pohon, maka udara yang ada di sekitar tentu akan lebih bersih dan segar. Lakukan tebang pilih pada pohon yang sudah tua untuk menghindari illegal logging yang mungkin terjadi.

 

  • Bioremidiasi

Anda bisa menggunakan konsep bioremidiasi, yang merupakan penguraian limbah berbahaya yang dihasilkan oleh lingkungan rumah tangga. Saat ini sudah tersedia berbagai produk bioremidiasi yang bisa Anda gunakan.

 

  • Reklamasi Pantai

Jika Anda tinggal di dekat pantai, sarankan pada masyarakat untuk melakukan reklamasi pantai. Nantinya dengan reklamasi, pantai dapat hidup kembali dan menjadi lahan yang lebih produktif. Reklamasi pantai juga bisa mengurangi pencemaran udara dan membuat udara lebih berkualitas.

 

Demikianlah beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi dampak polusi udara yang ada di dalam lingkungan sekitar dan rumah. Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri, ajak keluarga, terutama Anak Anda, untuk melakukan berbagai kegiatan diatas di sela-sela kesibukan.