Manfaat AC Bagi Kesehatan

Conditioner atau AC bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah ini. Mengingat Indonesia adalah Negara Tropis, saat ini keberadaan AC kian mudah ditemukan pada tiap rumah di Indonesia. Tak hanya mengusir panas saja, menurut Dr. Allert Benedicto, AC juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Beberapa Manfaat AC Bagi Kesehatan

Saat ini, masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan Air Conditioner atau AC sebagai alat pendingin ruangan. Namun apakah Anda tahu, selain bisa menghilangkan panas dan gerah, AC juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan kita, manfaat itu antara lain:

  • Mencegah terjadinya gangguan pernapasan

Manfaat AC bagi kesehatan yang pertama ialah mengurangi resiko gangguan pernapasan, terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang tingkat polusinya tinggi dan berdebu. Karena AC dilengkapi penyaring udara guna menangkal masuknya polusi udara ke dalam rumah atau ruangan. Pastikan AC harus selalu rutin dibersihkan.

 

  • Membantu mengatasi susah tidur

Selain mencegah terjadinya gangguan pernapasan, penggunaan AC juga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur Anda, terutama bagi Anda yang mengalami susah tidur. Namun, tetaplah bijak dalam penggunaannya. Jangan gunakan suhu yang terlalu rendah hingga membuat ruangan jadi sangat dingin. Karena hal itu akan menjadikan Anda sering bangun karena kedinginan.

 

  • Membantu menjaga suhu bayi

Salah satu manfaat AC lainnya ialah membantu menjaga suhu tubuh bayi agar tetap dalam kondisi stabil. sebab dengan begitu, tidur bayi akan lebih nyaman, selain itu dapat mengurangi resiko ruam kulit, dehidrasi maupun heartstroke. Karena, bayi baru lahir masih belum dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan baik.

 

  • Mampu mengatasi heartstroke

Heartstroke sendiri ialah kondisi di mana tubuh Anda mengalami kenaikan suhu yang sangat drastis hingga 40°C hingga lebih. Ketika Anda mengalami heartstroke, Anda akan merasa panas bahkan ingin pingsan karena tubuh Anda terpapar suhu panas dalam kurun waktu cukup lama.

Dalam kondisi yang seperti ini, AC dapat menjadi solusi tepat untuk menurunkan suhu dalam tubuh Anda. Dengan memanfaatkan dinginnya AC, suhu tubuh Anda akan menjadi lebih cepat untuk kembali normal.

Tips Membersihkan dan Merawat AC

Memperhatikan kebersihan AC dan merawatnya merupakan kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin. Sebab AC yang kotor bisa menjadi penyebab datangnya suatu penyakit yang menyebar lewat udara. Selain itu, membersihkan dan merawat AC juga dapat menjaga fungsi kinerja AC. AC yang kotor bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan debu. Berikut tips membersihkan dan merawat AC yang baik.

  • Buka penutup AC

Langkah pertama, buka dulu penutup atau casing AC menggunakan obeng dengan perlahan-lahan. Ketika penutup AC sudah terbuka yang Anda liat langsung adalah filter AC. Pastikan dulu, apakah di bagian filter ada kerusakan. Apabila filter sobek, langsung buang dan ganti filter yang baru.

 

  • Membersihkan bagian filter

Langkah selanjutnya ialah membersihkan bagian filter AC. Lakukan langkah ini jika Anda tidak melihat adanya kerusakan di filter. Filter AC ini adalah komponen yang sangat penting untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap lancar dan untuk mendukung fungsi kinerjanya. Jika filter AC kotor, sirkulasi akan terhambat, kinerjanya akan menurun serta beresiko menimbulkan penyakit karena penumpukan kotoran.

 

  • Melepas filter pada AC

Untuk mempermudah dalam membersihkan filter pada AC, kita dapat melepasnya kemudian cuci filter dengan cara merendamnya. Ketika merendam, sebaiknya gunakan larutan pencuci khusus. Tujuannya untuk membunuh jamur dan berbagai kuman yang bersarang pada filter.

Rendam filter sekaligus gosok secara perlahan. Gunakan sikat gigi yang bekas untuk membersihkan dari kotoran membandel. Pastikan jangan menggosok dengan terlalu keras, hal itu beresiko dapat merusak filter. Setelah selesai mencuci, keringkan filter di tempat bersih guna mencegah menempelnya kotoran.

 

  • Bersihkan bagian lain dari AC

Selain filter, bersihkan juga bagian lain dari AC. Bersihkan cela-cela AC dengan menggunakan kain kering, pastikan bahwa kotoran sudah benar-benar hilang. Jika sudah dipastikan bahwa sudah bersih dan kering, kembalikan filter AC ke tempat semula.

Bila semua proses sudah dilakukan lakukan pengetesan pada AC, jika AC sudah segar dan dingin kembali berarti proses pembersihan sudah selesai.

 

 Waktu yang Tepat untuk Membersihkan AC

Sebenarnya waktu ideal untuk membersihkan AC adalah tiap sebulan sekali. Tetapi, Anda bisa segera membersihkan AC bila terdapat beberapa tanda-tanda ini :

  • Menetes Air dari AC

Bila Anda mendapatkan tetesan air dari AC, hal itu berarti menandakan bahwa filter AC sudah kotor. Filter yang sudah kotor akan menjadikan udara tidak bisa lewat akhirnya mengakibatkan air menetes dari AC.

 

  • Terlihat kotoran pada bukaan AC

Apabila ada titik-titik berwarna hitam di bukaan AC, itu berarti filter AC Anda harus dibersihkan. Titik-titik berwarna hitam itu bisa jadi pertanda bahwa ada penumpukan lumut atau jamur di AC.

Tips Menghemat Listrik Ketika Menggunakan AC

Di Negara yang tropis ini, tak dipungkiri bahwa Air Conditioner atau AC merupakan perangkat elektronik dengan penggunaan daya listrik terbesar. Otomatis biaya listrik yang dibutuhkan untuk penggunaan AC juga banyak. Penggunaan yang terus menerus menyebabkan tagihan listrik jadi membengkak. Menurut Asiaone ada beberapa tips menghemat listrik ketika menggunakan AC:

  • Naikkan suhu 1°C untuk hemat listrik 10%

Ruangan dengan suhu antara 25°C sampai 28°C adalah suhu yang paling nyaman bagi sebagian orang. jagalah suhu dalam kisaran itu, sebab jika terlalu rendah akan menyebabkan AC cepat rusak. Survey menunjukkan tiap peningkatan suhu sebesar 1°C bisa menghemat listrik sebesar 7-10%.

 

  • Jangan sering mematikan atau menghidupkan AC

Kita mungkin sering kali menghidupkan dan mematikan AC guna menghemat listrik. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, jika kita sering melakukan itu akan membuat listrik boros karena menambah beban untuk kompresor AC ketika dinyalakan kembali.

 

  • Matikan sakelar

Jika sudah tidak menggunakan AC lebih baik matikan sakelar dayanya, karena jika hanya mematikan dengan remote control, listrik masih dalam kondisi standby.

Prinsip kerja AC

Air Conditioner atau AC terdiri dari kumparan kondensator yang diletakkan pada luar ruangan dan kumparan evaporator yang ditempatkan dalam ruangan. Isi dari kumparan tersebut adalah refrigerant yang mengalir terus-menerus. Prinsip kerjanya sendiri sangat sederhana, menjaga kumparan evaporator agar tetap dingin dan kumparan kondensator agar tetap panas. Refrigerant menyerap panas dalam ruangan dan membuangnya keluar.

Itulah tadi manfaat dari AC bagi kesehatan. Pentingnya kita menjaga kebersihan udara dalam rumah kita. Selain menggunakan AC, Anda juga bisa menggunakan air purifier untuk menyaring udara di dalam rumah.

Tak perlu bingung untuk mencarinya, Anda bisa memesannya di https://drewcare.id/collections/air-purifier. Di sana tersedia berbagai macam air purifier yang dapat Anda pilih.