Manfaat Air purifier yang Harus Diketahui

Mungkin sebagian besar dari Anda telah pernah mendengar air purifier. Manfaat air purifier memang sangat banyak yang bukan hanya digunakan di rumah saja namun juga gedung perkantoran bahkan di ruangan rumah sakit. Air purifier adalah alat pembersih udara pada ruangan sehingga udara yang dihirup tetap bersih.

 

Fungsi Air Purifier

  • Membersihkan udara

Seperti namanya, fungsi utama alat ini adalah tentu untuk membersihkan udara di sekitar. Air purifier telah dirancang dengan filter khusus yang dapat menyaring partikel-partikel kecil di udara yang disaringnya sehingga udara yang telah disaring akan lebih bersih dan segar.

  • Menghilangkan bahan kimia berbahaya

Secara umum, orang menggunakan berbagai jenis produk pembersih untuk membersihkan rumah mereka. Banyak pembersih rumah tangga biasanya mengandung bahan kimia beracun seperti klorin, amonia, dan ftalat.

Sedikit paparan bahan kimia ini mungkin tidak berbahaya, tetapi paparan yang terlalu sering dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti tumor, kanker, penyakit kardiovaskular, atau neuropati.

Air purifier biasanya mengandung karbon aktif yang dapat menghilangkan kontaminan kimia ini dan mencegah risiko berbagai masalah kesehatan. Karbon aktif ini akan menyaring udara hingga hasil udara menjadi lebih segar ke dalam ruangan.  

  • Menetralkan bau tidak sedap

Pembersih udara dengan HEPA dan filter karbon aktif secara efektif dapat menyerap partikel gas dan bau sehingga mengurangi polutan udara di dalam ruangan. Anda tidak perlu khawatir tentang bau asap rokok atau bau memasak makanan, dan bau lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan ruangan. Air purifier yang dipasang di dalam ruangan dapat menyerap segala bau dan menjaga kebersihan ruangan.

  • Menghapus radon yang berbahaya

Menghirup gas tertentu yang berbahaya seperti gas radon dapat menjadi penyebab kanker paru-paru. Gas radon dihasilkan melalui campuran alami tanah yang mengandung uranium. Gas dapat masuk ke rumah, kantor, dan sekolah yang masuk melalui retakan di lantai dan dinding, sambungan di gedung, atau melalui bukaan di sekitar saluran listrik, pipa servis, dan saluran air.

Setiap orang memang memiliki risiko terpapar gas radon namun paparan berlebih dapat berakibat fatal karena penyebab kanker paru-paru setiap tahunnya ada sekitar 15.000 hingga 20.000 yang disebabkan oleh radon dan menyebabkan kematian.  

  • Menghilangkan partikel asbes berbahaya

Jika Anda tinggal di rumah yang sudah tua atau bekerja di bangunan komersial lama, Anda mungkin ada kemungkinan terpapar partikel asbes. Seiring bertambahnya usia, struktur bangunan ini melepaskan debu asbes ke udara dan menghirup partikel asbes dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Untuk melindungi diri dari asbes, pilih air purifier yang dapat menyerap partikel asbes dengan baik.

  • Mengurangi jamur

Fungsi lain yang jarang diketahui dari penggunaan air purifier ini adalah kemampuannya untuk menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan berbagai penyakit karena jamur. Selain partikel rumah tangga, alergen dan spora jamur yang beredar di udara menimbulkan ancaman bagi kesehatan tubuh termasuk alergi. Dengan penggunaan air purifier setiap hari dapat membuat udara lebih bersih.

 

Manfaat Air purifier Bagi Kesehatan

  • Meredakan gejala asma

Jika kita lihat dari semua fungsi air purifier, maka alat ini bisa membantu meredakan gejala asma. Terbukti juga telah banyak penderia asma yang menggunakan alat ini namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh air purifier.

Penderita asma menderita radang saluran pernapasan di mana kontaminan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, dan debu yang ada di udara dan terhirup dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan masalah pernapasan termasuk asma.

Sebagian besar pembersih udara atau air purifier berkualitas telah dilengkapi dengan filter HEPA yang dapat menghilangkan hingga 99,7% partikel halus dari lingkungan udara di rumah Anda. Teknologi HEPA menyaring semua kontaminan dari udara.

Ini memungkinkan orang yang menggunakan pembersih udara menghirup udara bersih. Menggunakan pembersih udara yang efektif dapat membantu menghilangkan polutan lingkungan dan mengurangi risiko masalah pernapasan terkait asma.

  • Mengurangi risiko terkena penyakit menular dari udara

Penyakit  yang dapat menular melalui udara seperti influenza, ditularkan oleh patogen mikro atau berukuran kecil. Jadi jangan heran jika keluarga Anda terkena flu kemudian menularkannya ke anggota keluarga lain.

Setiap orang di ruang yang sama menghirup udara yang sama seperti seseorang yang terinfeksi bakteri atau virus. Namun air diffuser dengan HEPA Filter dapat menyaring virus dan bakteri ini sehingga dapat mencegah penularan.

  • Melindungi dari Alergi

Alat ini dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari alergi tetapi tidak dapat digunakan sebagai obat. Alergi harus diobati dengan menghindari pemicu sehingga air purifier bisa digunakan untuk mengurangi risiko alergi terutama terhadap debu, serbuk sari, dan bulu.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Komponen-komponen alergen seperti bakteri, jamur, dan debu dapat mengganggu tidur. Udara yang lebih bersih dan segar dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Air purifier dapat menghilangkan sebagian besar alergen dari kamar tidur dan dapat digunakan untuk menghindari gangguan tidur.

  • Meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah

Penggunaan lain yang tidak terduga dari alat pembersih udara ini adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang telah dibuktikan pada studi dari JAMA Internal Medicine. Maka dari itu alat ini juga dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Dapat meningkatkan harapan hidup

Polusi udara dalam ruangan dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular, pernapasan, dan saraf. Bahan kimia dan gas dari barang-barang rumah tangga biasa dapat menumpuk di paru-paru manusia dan pembersih udara yang tepat dapat meningkatkan kualitas udara dengan menjebak partikel yang lebih kecil.

 

Memilih Air purifier yang Tepat

Anda dapat mendapatkan semua manfaat di atas dengan menggunakan pembersih udara HEPA Filter yang bagus. HEPA adalah salah satu fitur air purifier yang paling efektif untuk penyaringan alergen dan berbagai polutan udara. Filter ini dapat menghilangkan setidaknya 99,97% alergen dan kontaminan dari udara sekitar.

Maksimalkan juga fungsi air purifier dengan memilih yang memiliki filter karbon aktif. Keuntungan pembersih udara dengan dua filter ini adalah membantu menyaring polutan seperti asap dan bahan kimia dari udara. Anda akan dapat menyadari keuntungannya segera setelah Anda menyalakan air purifier.

Memurnikan udara di ruangan dengan ukuran yang cukup luas biasanya akan membutuhkan beberapa air purifier untuk hasil terbaik. Namun untuk ukuran luas kamar yang standar cukup gunakan 1 saja. Salah satu produk air purifier yang menjadi pilihan tepat untuk membantu membersihkan udara dan menjaga kesehatan adalah DREW Pure Air purifier

Dengan menggunakan DREW Pure 5 Air purifier, Anda bisa mendapatkan semua fungsi dan manfaat air purifier yang telah dijelaskan di atas. Air purifier ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari HEPA Filter, karbon aktif, penggunaan yang mudah, bahkan pembersihan hingga 360 derajat dan dapat menilai kualitas udara di ruangan.