Manfaat Udara dan Gangguan yang Bisa Terjadi Pada Udara Sekitar

Sebagai bagian dari kehidupan, udara tentu memegang peran penting bagi setiap makhluk hidup. Bagaimana tidak, udara sendiri memiliki zat-zat yang diperlukan oleh seluruh jaringan tubuh.

Tanpa udara, makhluk hidup tidak akan melanjutkan peran sebagai individu dan berkembang. Berikut ini adalah manfaat udara dan gangguan yang bisa terjadi pada udara.


Manfaat Udara Pada Kehidupan

Menurut dr. Karlina Lestari, udara memiliki banyak manfaat pada kehidupan. Namun udara tak hanya berarti satu, ada udara kering dan udara lembab. 

Udara kering mengacu pada keadaan dimana seseorang merasakan kering pada organ penciuman. Hal ini bisa membuat Anda bisa mengalami berbagai gangguan pada udara.

1. Bernafas Dengan Bebas

Sebagai makhluk hidup dengan salah satu syarat kehidupan yaitu bernafas. Tentu udara bisa menjadi salah satu aspek yang menguntungkan.

Anda tidak akan dapat menikmati kehidupan tanpa udara bebas. Dan karena itu pula, maka kita semua wajib menjaga kesehatan dan temperatur udara tetap stabil.

2. Memperbaiki Keadaan Mental

Udara yang mengandung berbagai zat ternyata dapat pula memperbaiki keadaan mental. Maksudnya adalah, dengan adanya udara segar di sekitar, Anda akan mampu membalikkan perasaan.  

Jika sebelumnya Anda merasa marah dengan aktivitas atau pekerjaan. Dengan menghirup udara secara dalam melalui hidung, Anda dapat merasa lebih rileks dan santai.

3. Menambah Kemampuan Tubuh

Manfaat lain dari udara pada kehidupan adalah menambah kemampuan individu untuk bisa bergerak. Sebab tanpa udara, tubuh akan mengalami masa-masa dimana darah tidak terpompa dengan baik.

Maka dari itu, udara dianggap mampu menambah intensitas dan gerak tubuh. Melalui udara yang keluar masuk dari organ pernapasan, udara mampu mendukung kegiatan makhluk hidup.

 Gangguan Polusi pada Udara

Gangguan polusi udara bisa terjadi karena banyaknya zat yang terbang ke udara dengan bebas sehingga mengakibatkan banyak individu menerima penyakit seperti asma, radang, dan juga batuk.



Untuk bisa mengatasi masalah ini, dianjurkan untuk mengenakan masker. Anda juga dapat menggunakan alat bantu lain seperti DREW Air Purifier guna mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara.


Penyakit yang Bisa Timbul Dari Polusi Udara

Menurut tinjauan dari dr. Sienny Agustin mengenai penyakit yang bisa timbul karena pencemaran udara. Berbagai macam penyakit tersebut bisa datang dari kebiasaan seseorang menghirup udara yang tidak cukup sehat. 

1. Batuk Dan Gangguan Flu

Penyakit ini bisa datang dari udara yang tercemar virus influenza lalu kemudian menjangkiti pasien. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, karena kini telah tersedia obat untuk batuk dan flu.

Anda bisa menghindari daerah yang berdebu, dan juga daerah berpasir. Tujuannya adalah agar bakteri dan virus tidak masuk melalui organ pernapasan.

2. Radang Tenggorokan Kering

Radang bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Untuk itu dianjurkan agar Anda selalu menjaga kesehatan. Penggunaan produk DREW Pure 5 Air Purifier dapat membantu Anda mengurangi penyebaran kuman dan penyakit.

3. Serangan Asma

Asma adalah sebuah gangguan yang berasal dari radang pada daerah pernapasan seperti tenggorokan dan paru-paru. Asma dapat menyerang siapa saja, termasuk balita dan orang tua.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menghindari ruangan yang berdebu. Sebab seseorang dengan riwayat penyakit Asma biasa akan rentan pada daerah dengan banyak debu menempel.


Daerah yang Bisa Menyebabkan Gangguan Udara

Menurut dr. Jati Satriyo, ada berbagai penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan pernapasan. Salah satunya adalah ruangan yang kering dan ber AC.

Untuk itulah perlu dilakukan keseimbangan antara penggunaan AC dengan masuknya udara dari luar. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara di dalam ruangan tetap stabil

1. Ruangan Sering Menggunakan AC

Temperatur dingin pada ruangan yang diciptakan oleh alat pendingin seperti AC, bisa mengakibatkan gangguan. Terutama pada daerah pernapasan, dapat mengakibatkan Anda alergi pada udara.

Sebab udara yang mengalir melalui lubang AC tidak selalu terbebas dari bakteri dan penyakit, juga karena latar belakang lingkungan hidup seseorang tidak langsung bisa beradaptasi dengan AC.

2. Pembakaran Sampah dan Asap Pembakaran Lain

Zat yang terkandung dari hasil pembakaran sampah tentu tidak sehat. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan apabila Anda terlalu sering menghirup udara dari pembakaran itu.

Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan selalu mengenakan masker serta menjauhi tempat pembakaran sehingga Anda bisa lebih terjaga dari akibat yang bisa ditimbulkan.

3. Polusi Kendaraan Bermotor

Kendaraan dengan pembuangan tak ramah lingkungan juga dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pernapasan. Misalnya, seperti asap yang keluar dari knalpot motor atau mobil.

Hal ini bisa Anda reduksi dengan menggunakan alat penyaring udara. Salah satu alat yang dapat mengurangi polusi udara dan telah dilengkapi dengan UVC Light adalah DREW Air Purifier Pure 5.

4. Asap dari Pembuangan Pabrik

Jika Anda tinggal di daerah yang berada tepat di sekitar pabrik, hal ini bisa mengakibatkan banyak gangguan. Contohnya adalah asap yang dihasilkan dari pembuangan dapat mengakibatkan Asma.

Untuk menjauhi gangguan ini, Anda bisa memilih tempat tinggal yang jauh dari pabrik. Anda juga bisa menanam banyak tumbuhan hijau yang dapat membantu memurnikan udara hasil pembuangan pabrik.


Tips Menyaring Udara Agar Tetap Sehat

Pada tinjauan dr. Kevin Adrian mengenai tips menyaring udara, air purifier alias pemurni udara bisa membuat udara sehat karena bisa menyaring banyak bakteri dan kotoran.

1. Alat Pemurni Udara

Anda mungkin tidak sadar jika udara yang ada di sekitar Anda telah tercemar oleh banyak bakteri. Karenanya, dianjurkan untuk memasang dan menggunakan alat pemurni udara sebagai bantuan.

Tujuannya adalah agar Anda bisa hidup lebih sehat karena udara sudah tersaring. Anda bisa menggunakan DREW Air Purifier sebagai alat bantu pemurni udara untuk ruangan berukuran 15 meter persegi.


2. Menggunakan Filter Udara

Menggunakan alat penyaring (filter) udara juga dapat membantu Anda mengurangi penyebaran kuman dan bakteri. Dengan teknologi HEPA 13, mampu mengurangi 99.97% partikel berbahaya di udara..

Mengetahui alat untuk mengurangi partikel kecil seperti debu, kuman, dan bakteri tentu menjadi pengetahuan yang penting. Anda bisa melihat produk dari drewcare.id yang telah berpengalaman di bidangnya.


Anda juga dapat bergabung dengan jutaan pengguna lain untuk hidup sehat karena kualitas DREW Air Purifier telah terbukti memberikan manfaat bagi banyak orang.