Memperkuat Sistem Imun untuk Menangkal Covid-19

Bisa dikatakan jika hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum juga selesai. Setiap hari masih banyak tambahan kasus yang terjadi di banyak negara yang ada di dunia. Tidak hanya itu, obat untuk mengatasi Covid-19 pun hingga kini belum tersedia sehingga memperkuat sistem imun menjadi cara yang ampuh untuk membentengi diri dari paparan Covid-19.

Perlu diketahui bahwa seseorang dengan sistem imun yang kuat akan cenderung lebih tahan pada paparan virus, termasuk Covid-19. Hal ini dikarenakan sistem imun nantinya akan melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Jika seseorang memiliki sistem imun yang baik, tentu virus tersebut akan kalah dan orang tadi tentu tidak akan terjangkit virus. Oleh karenanya, apa yang menjadi tugas masing-masing individu saat ini adalah memperkuat sistem imun mereka.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara yang tepat untuk memperkuat sistem imun sebagai langkah untuk menangkal paparan Covid-19. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

 

Cara Tepat Memperkuat Sistem Imun Untuk Menangkal Covid-19

Perlu diketahui bahwa sistem imun adalah mekanisme alami dari tubuh untuk melawan virus dan juga penyakit. Namun, ada beberapa hal yang bisa melemahkan sistem imun tersebut, terutama kondisi fisik yang lemah karena tidak melakukan olahraga atau tidak mengonsumsi makanan bergizi, usia yang menua dan lainnya.

Nah, untuk menangkal Covid-19 dan memastikan tubuh tetap sehat, ada beberapa cara yang tepat guna memperkuat sistem imun tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga pola konsumsi

Salah satu cara yang paling tepat dilakukan untuk memperkuat sistem imun adalah dengan menjaga pola konsumsi. Ini adalah langkah pertama dan utama yang sebaiknya Anda lakukan. Dengan pola konsumsi yang tepat, tentu kondisi tubuh nantinya akan cenderung lebih stabil.

Nah, dalam hal ini, untuk memperkuat sistem imun tubuh, ada baiknya jika Anda memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya. Jika diperlukan, tambahkan dengan konsumsi suplemen.

Pola konsumsi ini sangat disarankan karena makanan yang sehat akan memastikan tubuh tidak kekurangan nutrisi. Selain itu, radikal bebas penyebab masalah kesehatan tubuh pun akan bisa dilawan dengan sangat baik, termasuk risiko adanya paparan Covid-19.

  • Olahraga secara rutin

Berolahraga juga bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini dikarenakan olahraga yang dilakukan secara langsung akan meningkatkan metabolisme tubuh. Tentu saja, dengan metabolisme tubuh yang lebih baik, Anda pun tidak akan mudah sakit.

Untuk Anda yang belum terbiasa berolahraga, maka Anda harus memulainya sesegera mungkin. Ingat, Anda tidak harus melakukan olahraga yang terlalu berat yang justru berpotensi menambah beban tubuh.

Dalam hal ini, Anda bisa saja melakukan beberapa olahraga ringan, seperti jogging, jalan pagi ataupun bersepeda. Beberapa jenis olahraga ini, jika dilakukan secara teratur minimal 30 menit setiap hari, maka akan memberikan dampak yang cukup luas biasa pada tubuh.

Memperkuat Sistem Imun untuk Menangkal Covid-19

  • Mengelola stres

Stress yang berkepanjangan sering menjadi salah satu penyebab tubuh kerap didera gangguan kesehatan. Tidak hanya itu, kondisi tubuh pun akan terus memburuk, terlebih jika stres dan terkena Covid-19.

Oleh karenanya, salah satu cara yang harus dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan sistem imun tetap bagus adalah mengelola stres. Ini merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan agar nantinya tubuh tidak bermasalah.

Ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stress. Tidak perlu melakukan hal berat, Anda bisa memulai dengan mengatur jam tidur Anda di rumah. Pastikan jika Anda tidur dengan cukup setiap hari. Selain itu, jika berita Covid-19 membuat Anda stres, maka hindari mengonsumsi berita tersebut secara berlebihan.

Hal lain yang juga bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah dengan bersosialisasi. Cobalah jangan terlalu lama mengurung diri di rumah. Sesekali, hirup udara bebas di luar rumah dan sapa tetangga sekitar. Hal semacam ini memang sangat sederhana, namun juga efektif untuk mengatasi stres yang mendera.

  • Mengatur jadwal kegiatan

Apakah Anda termasuk seseorang yang senantiasa mengatur jadwal kegiatan? Jika ya, maka Anda harus bersyukur dan menjalankannya secara konsisten.

Pasalnya, mengatur jadwal kegiatan adalah salah satu hal yang baik untuk dilakukan dan bisa menjadi sebab untuk memperkuat kondisi imun tubuh. Dengan jadwal kegiatan yang teratur, tentu saja Anda bisa mengatur waktu dengan lebih baik, termasuk waktu untuk beristirahat.

Coba saja bayangkan jika Anda tidak memiliki aturan tentang kegiatan yang Anda lakukan. Bisa jadi Anda akan kehabisan waktu dan tidak bisa beristirahat dengan nyaman serta cukup.

Selain itu, jadwal kegiatan yang teratur juga cenderung lebih sehat untuk mental. Dengan jadwal yang tertata, tentu saja Anda akan cenderung lebih mudah mengetahui apa yang harus dilakukan setelahnya sehingga Anda tidak perlu stress untuk memikirkan kegiatan tersebut.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Sistem imun tubuh yang kuat sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat. Oleh karenanya, jika Anda ingin memiliki sistem imun yang kuat, maka terapkan pola kehidupan setiap harinya.

Lantas, bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat tersebut?

Selain mengatur kegiatan harian dan menjaga pola konsumsi, Anda juga harus menghindari beberapa kebiasaan buruk yang mungkin dilakukan. Beberapa kebiasaan buruk seperti begadang, merokok, mengonsumsi alkohol dan lainnya harus diterapkan dengan konsisten.

Beberapa hal di atas adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Tentu, agar sistem imun senantiasa terjaga, maka Anda harus menerapkan cara-cara di atas secara konsisten.

 

Sistem Imun Untuk Pencegahan Covid-19

Salah satu alasan kenapa memperkuat sistem imun adalah hal yang penting adalah karena imun bisa menjadi benteng tubuh dari paparan Covid-19 yang hingga kini belum terkendali. Oleh karenanya, memperkuat sistem imun bukan hanya untuk menjaga kesehatan semata, tetapi juga agar Anda bebas dari risiko Covid-19.

Nah, khusus untuk upaya pencegahan Covid-19, usaha memperkuat sistem imun harus ditambah dengan beberapa hal khusus, seperti:

  • Mengenakan masker medis saat keluar rumah dan melakukan kegiatan
  • Mencuci tangan secara teratur dengan sabun, terutama setelah melakukan sesuatu
  • Menghindari kerumunan dan menjaga jarak

Beberapa poin di atas adalah protokol kesehatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko Covid-19. Dengan protokol tersebut, paparan Covid-19 bisa dicegah dengan baik.

Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan kualitas udara di dalam rumah. Pasalnya, Covid-19 bisa menyebar lewat udara dan udara yang kotor juga bisa menjadi sarang penyakit.

Jika Anda menyadari bahwa udara di rumah tidak terlalu bersih dan bermasalah, kini Anda bisa menggunakan produk air purifier yang dipersembahkan oleh Drew Care. Alat ini memiliki kemampuan yang istimewa untuk menyaring udara di dalam rumah agar lebih bersih dan lebih sehat.

Tentu saja, kombinasi dari Drew Care Air Purifier dan juga penerapan pola hidup yang sehat akan menjadi upaya maksimal untuk memperkuat sistem imun. Semoga bermanfaat.