Mengetahui Polusi Udara di Dalam Rumah

Polusi udara identik dengan kondisi udara pada luar ruangan, namun ternyata sebuah ruangan yang terletak di dalam rumah juga bisa tercemar atau mengalami polusi udara. Ada beberapa faktor yang menyebabkan polusi udara di dalam rumah tersebut. Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut yang bisa menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi tercemar.

 

Peralatan Rumah yang Bisa Membuat Udara Menjadi Tercemar

  • Air Conditioner (AC)

AC atau air conditioner adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuat suhu sebuah ruangan menjadi lebih dingin. Alat yang satu ini cukup populer di Indonesia, bahkan hampir semua rumah atau kantor yang ada di kota-kota besar memiliki pendingin ruangan atau yang sering dikenal dengan nama AC tersebut.

Namun ternyata AC atau air conditioner juga bisa membuat polusi udara pada sebuah ruangan. Hal tersebut terjadi ketika AC dihidupkan seharian dan ketika dimatikan sang pemilik rumah tidak membuka jendela, di mana kondisi udara di dalam ruangan tersebut akan tetap lembab dan menjadi kurang sehat, apalagi bagi penderita asma atau bagi si Kecil.

Selain itu, AC juga memerlukan perawatan atau pembersihan. Jadi lakukan pembersihan secara berkala agar udara yang dihasilkan oleh alat pendingin ruangan tersebut tetap stabil dan baik untuk dihirup untuk orang dewasa maupun si Kecil.

 

  • Kompor Gas (LPG)

Kompor gas juga ternyata bisa menyebabkan udara menjadi kurang sehat. Hal ini karena jika terlalu banyak menghirup gas karbon monoksida yang ada di dalamnya dapat menyebabkan mual, kelelahan, sakit kepala, dan beberapa penyakit lainnya.

 

  • Peralatan Elektronik

Untuk yang satu ini lebih mengarah kepada radiasi yang dihasilkan dalam bentuk gelombang electromagnetic field atau EMF. Menurut Dr. Ulfi Umroni gelombang EMF tersebut bisa membuat seseorang mengalami keluhan jangka panjang seperti kecemasan, sakit kepala, mual, mudah capek, dan depresi. Oleh sebab itu jangan terlalu sering mengoperasikan perangkat elektronik dan istirahat secukupnya.

 

Zat yang Dapat Menyebabkan Udara Didalam Sebuah Rumah Menjadi Kurang Sehat

  • Kandungan VOC

Salah satu penyebab polusi udara di dalam sebuah rumah adalah penggunaan cat dinding yang mengandung VOC atau volatile organic compounds yang terlalu banyak. Kandungan VOC sendiri adalah sebuah sebuah kandungan yang mudah menguap ketika berada pada sebuah kondisi, hasil penguapan tersebut bisa membuat udara menjadi beracun.

Selain cat dinding kandungan VOC juga sering ditemui di karpet atau mebel. Jika membeli karpet baru, alangkah baiknya untuk dijemur seharian terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini agar kandungan VOC bisa menguap dan langsung dinetralkan oleh alam. Sedangkan untuk mebel sebaiknya sering-sering membuka jendela dan pintu rumah agar sirkulasi udara tetap lancar dan menetralkan semua zat jahat yang ada di dalam ruangan.

 

  • Amonia dan Klorin

Selain kandungan VOC pada cat dinding salah satu kandungan berbahaya yang kurang bagus untuk dihirup adalah amonia dan klorin yang terdapat didalam sabun pembersih lantai. Kedua kandungan tersebut kurang bagus untuk pernapasan jadi gunakan masker ketika membersihkan lantai saat menggunakan sabun pembersih yang mengandung amonia dan klorin, atau bisa gunakan air hangat yang dicampur soda kue untuk alternatif pengganti sabun pembersih lantai rumah.

Jika sudah terlanjur menggunakan sabun pembersih lantai yang mengandung amonia dan klorin maka buka pintu dan jendela rumah serta biarkan beberapa saat. Hal ini agar udara yang ada di dalamnya bisa dinetralkan dan menjadi lebih baik untuk dihirup.

 

  • Etanol, Kampor, Fenol, dan Formaldehida

Etanol, kampor, fenol, dan formaldehida merupakan beberapa zat berbahaya yang terdapat di dalam sebuah pengharum ruangan yang bisa menyebabkan sakit kepala, dan asma. Penggunaan pengharum ruangan memang boleh, namun perhatikan zat yang ada di dalamnya agar udara ruangan tetap sehat untuk dihirup oleh siapa saja terlebih bagi si Kecil.

 

  • Asap Rokok

Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang bahwa asap rokok bisa menyebabkan banyak penyakit seperti, bronkitis, sinusitis, bahkan asma. Asal dari rokok ini bisa menjadikan orang yang menghirupnya terkena perokok pasif di mana hal tersebut bisa sangat berbahaya, jadi sebaiknya jika ingin merokok lakukan diluar ruangan.

 

 

Pengaruh Luar Ruangan Terhadap Kondisi Udara di Dalam Rumah

Selain karena beberapa faktor di dalam rumah seperti barang-barang rumah tangga yang bisa membuat udara menjadi kurang sehat hingga zat yang terkandung di dalam beberapa produk, ada beberapa faktor dari luar ruangan yang bisa mempengaruhi kondisi udara di dalam rumah. Seperti asap kendaraan bermotor dan asap pembakaran sampah.

Asap-asap yang dihasilkan ini akan dengan mudah terbawa angin dan masuk ke dalam sebuah rumah. Alhasil ruangan yang dimasuki asap tersebut menjadi tercemar dan kurang sehat untuk dihirup.

 

Penyakit yang Bisa Dialami Jika Menghirup Udara yang Kurang Sehat Pada Sebuah Ruangan

  • Asma

Asma atau asthmatic bronchiale adalah sebuah penyakit pernapasan jangka panjang yang disebabkan oleh saluran pernapasan mengalami penyempitan. Hal ini akan berlangsung lama dengan gejala seperti batuk, sesak nafas, dan sulit bernapas.

 

  • Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA

Menurut WHO atau World Health Organisation kebanyakan penderita ISPA adalah mereka yang mengalami infeksi pernapasan bawaan atau turunan. Untuk penyakit ISPA seperti batuk, pilek, dan demam.

 

  • Bronchopneumonia

Bronchopneumonia umumnya penyakit yang satu ini diderita karena bakteri, virus, atau jamur. Para penderita penyakit yang satu ini akan kesulitan bernapas karena paru-paru kurang mendapat asupan udara.

 

Cara Menjaga Udara Agar Tetap Sehat

  • Membersihkan Rumah

Cara yang pertama agar udara tetap sehat untuk dihirup adalah dengan membersihkan rumah seperti mengepel menggunakan sabun pembersih lantai yang aman tentunya. Kemudian membersihkan perabotan rumah seperti sofa, kursi, meja, dan beberapa perabotan rumah lainya secara teratur.

 

  • Gunakan Ventilasi yang Bisa Menyaring Udara

Cara lainnya adalah menggunakan ventilasi udara yang dapat menyaring udara dari kotoran, biasanya ventilasi tersebut dibuat menggunakan kawat. Tujuannya adalah ketika udara memasuki rumah bisa terhindar dari kotoran-kotoran seperti debu yang bisa menyebabkan rumah menjadi kotor. Selain menyebabkan rumah menjadi kotor, debu tersebut juga bisa membuat saluran pernapasan menjadi terganggu.

 

  • Perbanyak Tanaman di Sekitar Rumah

Cara yang paling ampuh adalah menanam beberapa tanaman seperti bunga hingga pepohonan. Dengan adanya tanaman-tanaman tersebut selain mempercantik rumah juga bisa menjadi penyaring udara alami. Hal ini karena tanaman membutuhkan zat seperti karbondioksida yang berbahaya bagi manusia untuk melakukan proses fotosintesis. Hasil dari fotosintesis tersebut adalah oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernapas.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai polusi udara pada sebuah ruangan di dalam rumah. Mulai dari barang-barang apa saja yang bisa mencemar udara ruangan, kemudian zat-zat berbahaya, lalu pengaruh luar ruangan terhadap udara dalam ruangan, dan penyakit apa saja yang bisa dialami karena menghirup udara kurang sehat, hingga cara menjaga udara agar tetap sehat.