Mitos dan Fakta Berjemur untuk Pencegahan Covid-19

Salah satu kabar yang cukup santer beredar mengenai pencegahan paparan Covid-19 adalah anjuran untuk berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini disimpulkan dari kabar bahwa sinar matahari bisa membunuh virus Covid-19. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang mitos dan fakta berjemur dengan tujuan pencegahan Covid-19 tersebut.

Apakah berjemur memang bisa digunakan sebagai cara untuk mencegah penularan Covid-19 dan membuat tubuh lebih sehat?

Berbincang tentang berjemur di bawah sinar matahari, perlu diketahui bahwa sinar matahari, terutama sebelum jam 10 pagi, memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya sinar ultraviolet yang akan terserap oleh kulit dan nantinya akan merangsang tubuh guna menghasilkan vitamin D yang lebih banyak.

Nah, vitamin D inilah yang memegang peranan penting untuk menyehatkan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin D bisa meningkatkan kadar kalsium serta fosfor di dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga bisa menjaga fungsi saraf dan otot serta meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan berbagai jenis infeksi.

 

Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Covid-19?

Pertanyaan di atas adalah salah satu pertanyaan yang cukup sering muncul. Memang, seiring dengan pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, banyak ragam cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk melakukan pencegahan pada penularan Covid-19 tersebut, salah satu yang dilakukan adalah dengan berjemur.

Nah, dasar dari aktivitas baru masyarakat, terutama di Indonesia ini, adalah adanya informasi jika virus Covid-19 akan mati jika terkena paparan sinar UV dari matahari. Hal ini diambil dari penelitian yang menyimpulkan jika sinar UV dan juga suhu panas dengan panas lebih dari 56 derajat bisa membunuh beberapa jenis virus, termasuk influenza.

Namun, perlu diketahui bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian secara resmi yang menyatakan jika Covid-19 bisa mati karena paparan sinar matahari. Hanya saja, berjemur tetap bisa memberikan dampak positif bagi tubuh sebagaimana yang dipaparkan sebelumnya. Juga, berjemur pun nantinya akan membantu Anda membangun pola hidup baru yang lebih sehat.

 

Tips Berjemur dengan Aman

Sebagaimana disinggung sebelumnya, berjemur memang secara otomatis tidak bisa membunuh Covid-19. Hanya saja, aktivitas ini tetap memiliki dampak positif bagi kesehatan, terutama sebagai salah satu cara untuk menguatkan imun.

Tentu saja, dengan imun yang kuat, maka tubuh nantinya akan menjadi semakin sehat dan stabil. Hal demikian ini bisa membuat tubuh lebih tahan dari paparan Covid-19 yang terus mengancam.

Hanya saja, meskipun memberikan banyak dampak positif, Anda harus berhati-hati saat berjemur karena sinar UV matahari yang berlebihan bisa menjadi mara bahaya. Nah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat berjemur demi manfaat yang maksimal dan keamanannya.

Beberapa tips yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan tabir surya dan kacamata

Memang, berjemur menjadi salah satu aktivitas yang penting dan bisa menjaga kesehatan tubuh. Hanya saja, Anda tentu tidak boleh lupa untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karenanya, saat hendak berjemur, ada baiknya jika Anda menggunakan tabir surya atau sunblock dengan SPF 30 sekitar 30 menit sebelum berjemur.

Tabir surya tersebut sangat efektif untuk melindungi kulit agar tidak gosong atau sunburn. Jika diperlukan, Anda juga bisa memakai kacamata. Aksesoris ini sangat efektif untuk menangkal sinar UV matahari yang masuk ke dalam mata, terutama saat sinar terlalu terik.

  • Perhatikan jadwal serta durasi berjemur

Saat hendak berjemur, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan jadwal serta durasi. Hal ini sangat penting agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari aktivitas ini.

Nah, untuk jadwal berjemur, ada baiknya jika Anda melakukannya sekitar 3 kali dalam satu pekan. Ini adalah ukuran yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Selain itu, lakukan aktivitas berjemur sekitar jam 9 pagi selama maksimal 15 menit. Hindari berjemur dengan durasi yang terlalu lama karena adanya risiko kanker kulit yang mengintai.

  • Minum air putih saat berjemur

Ketika Anda berjemur, jangan lupa untuk menyediakan air putih. Pasalnya, paparan sinar matahari bisa saja membuat Anda merasa haus. Nah, dengan menyediakan air putih, Anda bisa meminumnya saat berjemur guna menghindari terjadinya dehidrasi yang cukup mengganggu.

Selain itu, jika Anda merasa kepanasan ataupun lemas dan kepala berkunang-kunang, maka Anda sebaiknya berpindah ke tempat yang lebih teduh. Hal ini sangat penting untuk mendinginkan suhu tubuh agar bebas dari risiko heat stroke.

Beberapa tips di atas bisa menjadi hal yang cukup penting dilakukan saat Anda berjemur. Tentu saja, dengan beberapa tips tersebut, maka Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dan risiko yang lebih rendah saat berjemur. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda tetap menerapkan physical distancing selama berjemur tersebut.

 

Langkah Efektif Untuk Mencegah Penularan Covid-19

Selain berjemur sebagai bentuk ikhtiar untuk mencegah Covid-19, ada beberapa langkah lain yang bisa dikatakan cukup efektif untuk melakukan pencegahan pada penularan virus ini. Adapun langkah yang sebaiknya dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bebas paparan Covid-19 adalah sebagai berikut:

  • Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun hingga bersih atau menggunakan hand sanitizer.
  • Mengikuti anjuran pemerintah untuk membatasi ruang gerak di luar rumah dan tetap berada di dalam rumah terutama jika tidak ada hal penting untuk dilakukan.
  • Menggunakan masker saat berada di luar rumah.
  • Menjaga pola makan dengan menambah konsumsi makanan yang bergizi dan menambah konsumsi suplemen jika diperlukan.

 

Beberapa langkah di atas bisa menjadi cara yang dilakukan untuk mencegah paparan Covid-19. Hanya saja, perlu diketahui bahwa Covid-19 bisa menyebar lewat udara. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda berusaha memastikan jika udara di dalam rumah senantiasa bersih dan bebas dari kontaminasi virus serta bakteri.

Untuk melakukan pencegahan, terutama dengan menjaga kebersihan udara, kini sudah tersedia produk air purifier dari Drew Care. Dilengkapi dengan HEPA filter, produk ini bisa diandalkan untuk membunuh bakteri dan menyaring virus yang ada di udara rumah Anda.

Tidak hanya itu, produk ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. Dengan dimensi tersebut, air purifier Drew Care sengat mudah dibawa dan ditempatkan di berbagai ruangan di dalam rumah.

Tentu saja, nantinya, udara di dalam rumah akan cenderung lebih bersih dan lebih sehat. Dengan demikian, risiko paparan Covid-19 di rumah Anda pun akan menjadi sangat rendah.

Demikian beberapa ulasan terkait mitos dan fakta berjemur serta bagaimana cara yang pas untuk melakukan pencegahan efektif pada paparan Covid-19 yang belum juga usai. Lakukan pencegahan yang optimal, termasuk dengan menggunakan air purifier, untuk menurunkan risiko paparan. Dengan upaya pencegahan yang maksimal, Anda pun akan senantiasa sehat dan bebas Covid-19!