Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang terawat dan sehat menjadi impian setiap orang, akan tetapi banyak sekali faktor-faktor yang menghambatnya. Selain faktor alami seperti pertambahan usia, lingkungan juga bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kulit. Karena itulah, merawat kulit dengan tepat dan rutin sangat penting agar mendapatkan kulit yang sehat dan indah.

Penyebab Kerusakan Kulit
Kulit pada tubuh akan selalu mengalami regenerasi setiap 27 hari. Akan tetapi, kondisi kulit setiap orang akan berubah konstan jadi lebih baik atau lebih buruk bergantung dengan berbagai faktor. Ada beberapa penyebab dari kerusakan kulit seperti berikut:

1. Sinar UV
Dr. Faramarz Samie dari New York – Presbyterian Hospital – Columbia and Cornell mengatakan jika sinar matahari merupakan faktor lingkungan utama yang menjadi penyebab dari kerusakan kulit. Hal ini karena adanya sinar ultraviolet atau UV dan radikal bebas. Sinar UV yang berlebihan berdampak pada proses pigmentasi kulit dan memicu keriput, bintik coklat, serta resiko terkena kanker kulit.

2. Udara Buruk
Udara yang buruk seperti adanya asap rokok dan polusi udara juga dapat mengakibatkan penuaan diri karena mengurangi kolagen pada kulit. Karena itulah, Anda dapat menggunakan produk air purifier dari DREW yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas udara dan mengurangi polusi agar terhindar dari dampak buruk asap rokok dan polusi udara.

3. Paparan Bahan Kimia
Menurut Dr. Faramarz Samie, faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan kulit adalah paparan bahan kimia yang dapat menimbulkan iritasi serta alergi pada kulit. Hal ini sangat sering terjadi pada orang yang memang memiliki kulit sensitif. Akibat alergi, kulit akan menjadi kemerahan sehingga harus segera diatasi.

DREW Air Purifier (@drewcare.id) • Instagram photos and videos

Cara untuk melindungi kulit dari alergi adalah dengan menghindari kontak dengan bahan kimia penyebab alergi, memakai pelindung tubuh, serta mengganti produk perawatan. Selain itu, produk dari DREW juga dapat berfungsi untuk mengurangi alergi sehingga dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit satu ini.

Perawatan Kulit Alami
Merawat kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara yang alami. Selain mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar, perawatan kulit dengan cara yang alami juga memiliki efek samping yang sangat kecil. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk perawatan kulit alami:

1. Membersihkan wajah dengan rutin
Anda harus rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Pastikan juga sudah membersihkan riasan sebelum tidur.

2. Menggunakan pelembab
Menggunakan pelembab sangat penting bukan banyak untuk pemilik kulit kering namun juga semua jenis kulit. Pelembab dapat mencegah kulit kering, apalagi jika udara sedang panas.

3. Menggunakan tabir surya
Jika sering keluar ruangan, maka pastikan memakai tabir surya. Sinar matahari yang mengandung UV A dan UV B sangat buruk untuk kulit, karenanya harus dicegah dengan tabir surya.

4. Menjaga udara dalam rumah
Menjaga udara tetap baik sangat penting untuk menjaga kulit. Gunakan air purifier dari drewcare.id sehingga tidak ada debu, kotoran, juga virus dan bakteri yang dapat menimbulkan masalah kulit.

Minuman untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Selain dengan perawatan alami, ada juga beberapa minuman yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya menyegarkan, namun kandungan di dalamnya juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. Berikut adalah beberapa rekomendasi minuman yang dapat Anda coba untuk menjaga kesehatan kulit Anda:

1. Air Putih
Selain untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, minum air putih juga dapat menjaga kesehatan kulit. Air putih dapat mencegah kerutan dan melindungi kulit dari berbagai masalah kulit lainnya. Hal ini karena beberapa masalah kulit rentan terjadi jika tubuh mengalami dehidrasi. Bagi orang dewasa, minum air putih sebanyak 8 gelas per hari dapat membuat kulit sehat dan kenyal.

2. Teh
Teh memiliki banyak jenis dan beberapa di antaranya dapat membantu merawat kulit agar tampak lebih sehat. Jenis teh yang dapat membantu dalam mengendalikan eksim dan jerawat adalah teh melati.

Sementara itu, teh hitam dan teh hijau mengandung antioksidan untuk mencegah tanda penuaan. Anti-inflamasi dalam teh hitam, sama seperti dalam kandungan teh jahe dapat mengurangi radang.

Sebuah penelitian dari American Academy of Dermatology juga menyebutkan jika meminum teh spearmint dapat mengurangi jerawat. Selain itu, jenis teh ini juga efektif membunuh bakteri dan juga jamur yang menjadi penyebab penyakit kulit.

3. Jus Hijau
Jus hijau menjadi salah satu minuman yang dapat membantu menyehatkan kulit karena terbuat dari sayur-sayuran. Salah satu bahan membuat jus hijau adalah daun kale yang memiliki banyak sekali manfaat. Hal ini karena dalam daun kale mengandung vitamin A untuk menghilangkan kulit kusam dan vitamin C untuk menjaga kulit tetap sehat.

4. Jus Lidah Buaya



Selain jus hijau, Anda juga dapat mencoba jus lidah buaya. Lidah buaya mengandung banyak antioksidan dan vitamin sehingga dapat membantu untuk melindungi kulit, mencegah dan mengatasi jerawat, juga mencegah kondisi kulit seperti psoriasis dan dermatitis muncul kembali. Senyawa di dalamnya juga dapat menetralkan sinar UV, mencegah kerutan, dan memperbaiki kulit.

Resiko Tidak Merawat Kulit Wajah
Dermatolog dan asisten profesor klinis Mount Sinai School of Medicine, New York, Dr. Debra Jaliman mengungkapkan jika kulit yang tidak terawat akan mengakumulasi masalah pada kulit. Salah satu akibatnya adalah sel kulit mati yang menumpuk yang membuat kulit lebih kusam. Padahal kulit memerlukan regenerasi.

Tidak merawat kulit juga beresiko penuaan dini. Kulit juga akan rentan dehidrasi serta resiko kanker akibat sinar UV semakin besar sebagai akibat jangka panjang. Oleh karena itulah, perawatan kulit sangat diperlukan. Gunakan juga produk drewcare.id yang dapat memperbaiki kualitas udara sehingga melembabkan kulit Anda.

Manfaat Merawat Kulit untuk Mental
Kulit yang terawat tidak hanya memiliki manfaat pada tubuh, namun ternyata juga memberikan manfaat pada kesehatan mental Anda.

Ahli dermatologi, Erum Ilyas, MD di Montgomery Dermatology mengatakan jika kulit merupakan kunci dari kesehatan internal sehingga memiliki kulit yang sehat akan membuat Anda lebih baik dan percaya diri. Selain itu, berikut manfaat merawat kulit untuk mental Anda:

1. Mempengaruhi Mood
Merawat kulit sama saja dengan merawat diri. Untuk melakukannya, Anda memerlukan mood yang bagus. Apalagi jika perawatan kulit banyak tahap seperti double cleansing, serum, toner, dan banyak lagi lainnya.

2. Memberikan kebahagiaan
Dengan merawat kulit dengan teratur, Anda akan melihat sendiri manfaatnya. Jika Anda dapat mengurangi jerawat atau membuat wajah lebih cerah pasti akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Meskipun sederhana, namun Anda mendapatkan manfaat kesehatan fisik maupun mental.

3. Rileks
Perawatan kulit pada malam hari akan memberikan kenyamanan pada Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih rileks dan membantu mendapatkan tidur yang berkualitas.


4. Mengatasi Depresi
Berbagai masalah kulit terkadang membuat orang merasa minder bahkan hingga depresi. Melakukan perawatan kulit akan membantu mengatasi berbagai masalah ini dan pada akhirnya juga akan mengatasi depresi serta memberikan kepercayaan diri.

DREW Air Purifier (@drewcare.id) • Instagram photos and videos

Ada banyak faktor yang menyebabkan berbagai masalah kulit, padahal kesehatan kulit sangat perlu untuk dijaga. Karena itu perlu upaya-upaya untuk mengatasinya. Selain dengan cara-cara yang alami, drewcare.id

juga dapat membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan terawat.


Related Products