Polusi Udara Terjebak dalam Ruangan, Bagaimana Mengatasinya?

Polusi udara termasuk salah satu penyebab utama atas gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan manusia. Polusi di luar ruangan seperti asap kendaraan kerap ditemui di kota-kota besar. Bagaimana dengan polusi udara di dalam ruangan? Anda perlu tahu bahwa asap rokok, pestisida, gas karbon monoksida, jamur yang berada di tempat lembab, dan lain sebagainya termasuk polusi udara.

Penanggulangan Polusi Udara yang Terjebak di dalam Ruangan
Polusi udara menjadi pemicu berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan pada manusia. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan air purifier atau pembersih udara yang bisa membantu untuk melakukan penyaringan udara kotor yang terjebak di dalam ruangan baik lingkungan rumah maupun ruang kerja.

Alat penyaring udara ini bekerja secara optimal dengan cara menyaring udara melalui lapisan yang bisa menangkap berbagai partikel berbahaya. Adapun partikel yang dimaksud seperti serbuk bunga, tungau, kutu, debu, serta asap rokok dapat tersaring dengan sempurna. Setiap produk air purifier memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda sehingga pastikan untuk melihat besar ruangannya.

Rekomendasi produk air purifier yang berkualitas adalah DREW. DREW Pure 1 Air Purifier, DREW Pure 3 Air Purifier, dan DREW Pure 5 Air Purifier memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda satu sama lain. Anda bisa memilih produk mereka dengan menyesuaikan besarnya ruangan di mana Anda kerap menghabiskan waktu.

1. DREW Pure 1 Air Purifier


Dengan harga sekitar 1,8 jutaan, air purifier berbentuk bulat ini bisa membantu Anda untuk membersihkan polusi udara kotor yang terjebak di dalam ruang pribadi Anda. Produk ini mempunyai filter HEPA 13 dan filter karbon yang mampu memfilter segala jenis partikel berbahaya seperti bakteri, alergen dari bulu binatang, serbuk bunga, virus, debu, tungau, dan asap rokok.

Selain itu, produk ini juga bisa menyaring bau-bau yang tidak sedap di dalam ruangan. Untuk memproteksi Anda dari partikel virus yang tersebar dalam ruangan, produk ini dilengkapi dengan mode UVC light yang bisa mematikan virus maupun polusi udara lainnya sehingga kualitas produk ini sangat bagus.

2. DREW Pure 3 Air Purifier


Produk air purifier dari DREW Pure dengan filter HEPA 13 dan filtrasi udara 360 derajat ini bisa Anda miliki dengan menyiapkan budget Rp 2,1 jutaan. Filter HEPA 13-nya mampu menyaring partikel berbahaya yang ada di udara hingga 99,97%. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan filter karbon yang dapat mengurangi bau tidak sedap di dalam ruangan.

Sama seperti DREW Pure 1 Air Purifier, produk ini juga bisa memfilter berbagai partikel berbahaya seperti asap rokok, bakteri, virus, alergen yang berasal dari bulu binatang, dan polusi udara lainnya. Sterilisasi udara lebih terasa lega dengan adanya mode UVC light pada produk air purifier ini yang dapat bekerja dalam mematikan virus.

3. DREW Pure 5 Air Purifier


DREW juga mempunyai produk air purifier dengan fitur yang semakin canggih, dibandrol dengan seharga Rp 2,8 jutaan. Produk ini berbentuk tabung dengan sistem touchscreen untuk pengaturannya di bagian atas. Sama seperti dua produk lainnya, DREW Pure 5 Air Purifier juga dilengkapi dengan filter HEPA 13 dan filtrasi udara 360 derajat.

Filter HEPA yang ada pada produk DREW mampu memaksimalkan proses pembersihan udara di ruangan Anda dari segala partikel berbahaya maupun jenis polusi udara yang lain dengan efektivitas hingga 99,97%. Kelebihan produk ini dibandingkan dua produk air purifier dari DREW Pure lainnya, yakni daya listrik yang dibutuhkan hanya 38 watt saja, sementara dua produk lainnya 45 watt, serta telah dilengkapi fitur mode otomatis, Air Quality Indicator, dan pengaturan waktu yang sangat fleksibel.

Tips Pemilihan Air Purifier
Sebelum membeli air purifier, Anda harus mempertimbangkan ukurannya dahulu karena terdapat berbagai ukuran air purifier. Anda bisa memilih produk dengan menyesuaikan ruangan Anda. Pastikan bahwa kapasitasnya sesuai dengan kemampuan air purifier dalam menyaring udara kotor di ruangan. Pastikan juga untuk memilih air purifier yang memiliki sertifikasi anti alergi dan anti asma.

Jika terdapat sertifikasi tersebut, maka produk tersebut mempunyai kemampuan dalam menghilangkan partikel berbahaya atau hal lainnya yang menjadi sumber polusi udara. Selain itu, pastikan juga untuk memilih air purifier dengan kelengkapan indikator supaya Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti atau membersihkan penyaring udaranya.

Resiko Kesehatan yang Disebabkan Polusi Udara di dalam Ruangan
Polusi udara mengandung bahan-bahan kimia yang kerap menjadi pemicu gangguan kesehatan terkait sistem pernapasan pada manusia. Partikel-partikel berbahaya seperti debu, tungau, bulu hewan, serbuk sari, lumut yang menempel di dinding, jamur yang tumbuh di perabotan, hingga kotoran yang terbang melalui udara berpotensi besar untuk memicu gangguan pernapasan.

Adanya tungau maupun debu yang tersebar pada benda-benda di ruangan dalam rumah dapat terhirup dengan mudah dan menyebabkan asma menjadi kambuh. Alergi juga bisa muncul kembali karena adanya bulu hewan yang bertebaran di area rumah, jamur yang tumbuh di perabotan, dan polusi lainnya. Kotoran yang terbawa dari udara bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan infeksi.

Bahan Bangunan Sebagai Polusi Udara
Selain asap rokok, pestisida, jamur, virus, bakteri, dan partikel berbahaya lainnya, polusi udara juga berasal dari bahan-bahan bangunan. Asbes, gas radon, hingga formaldehid merupakan sumber polusi udara yang asalnya dari bahan bangunan. Contoh bahan bangunan tersebut antara lain pelitur, cairan pembersih untuk rumah yang mengandung racun, maupun aroma cat tembok.

Biasanya polusi udara dari bahan-bahan bangunan menumpuk ketika rumah selesai direnovasi atau ketika rumah baru saja selesai dibangun. Aroma cat tembok dan plitur akan sangat mengganggu penciuman. Untuk mengatasinya, Anda harus melengkapi rumah dengan ventilasi yang disesuaikan dengan besarnya rumah. Ventilasi berfungsi untuk menjaga ruangan dalam rumah tetap sehat.

Dampak Buruk Akibat Kurangnya Jumlah Ventilasi Ruangan
Faktanya, polusi udara akan sangat mudah terjebak di ruangan dengan jumlah ventilasi yang minim. Dampak buruk yang bisa terjadi adalah SBS atau Sick Building Syndrome yang merupakan tanda seseorang rentan mengalami flu. SBS biasanya ditandai dengan iritasi pada tenggorokan, hidung, dan mata.

Selain itu, virus dan penyakit sangat mudah menyebar di dalam ruangan yang minim ventilasi.Penyakit yang mudah menular melalui udara adalah seperti campak, sindrom pernapasan akut, tuberkulosis, antraks, meningitis, dan lain sebagainya.

Ruangan dengan minim ventilasi juga mengakibatkan tingkatan oksigen yang rendah sehingga karbon dioksida menumpuk dan mudah menyebabkan penghuni rumah kerap merasakan kelelahan, sesak napas, hingga sakit kepala akut.

Kesimpulannya, polusi udara bisa bersumber dari partikel berbahaya seperti bakteri, virus, bulu hewan, tungau, dan lain sebagainya. Selain itu, polusi udara juga bisa bersumber dari bahan-bahan bangunan. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan produk air purifier dari DREW yang berkualitas. Anda bisa cek website drewcare.id untuk mengintip produk-produk air purifier unggulan dari DREW.