Protokol Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga

Meskipun saat ini vaksinasi menjadi program yang gencar dilakukan, namun perlu diketahui bahwa pandemi Covid-19 belum bisa dikatakan berhenti dan bisa dikendalikan. Oleh karenanya, penerapan protokol kesehatan untuk perlindungan keluarga tetap harus dilakukan demi kondisi keluarga yang aman dan bebas dari risiko paparan Covid-19.

Nah, berbincang tentang penerapan protokol kesehatan tersebut, tentu saja Anda harus menerapkannya baik di dalam ataupun di luar rumah. Hal ini sangat penting karena hanya dengan penerapan protokol kesehatan yang konsisten saja risiko dari Covid-19 akan berhasil dicegah dengan baik.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam protokol kesehatan yang bisa dilakukan demi kesehatan keluarga yang lebih baik dan terlindungi dari paparan Covid-19. Bagaimana saja protokol kesehatan yang harus diterapkan? Simak ulasannya!

 

Protokol Kesehatan Saat Berada di Luar Rumah

Memang, secara langsung, masyarakat sangat dihimbau untuk senantiasa berada di rumah selama masa pandemi ini. Hal ini dikarenakan risiko paparan Covid-19 di luar rumah senantiasa masih tinggi dan berbahaya. Hanya saja, jika terpaksa harus keluar rumah karena adanya beberapa keperluan, maka ada beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Beberapa protokol kesehatan saat berada di luar rumah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Selalu mengenakan masker

Ketika Anda atau anggota keluarga berada di luar rumah, maka pastikan jika Anda mengenakan masker. Perlu diketahui bahwa masker adalah salah satu alat keamanan diri yang sangat penting untuk menghindari paparan dari Covid-19. Terlebih, Covid-19 bisa menyebar melalui udara.

Dengan mengenakan masker, maka risiko masuknya Covid-19 ke dalam tubuh melalui lubang hidung ataupun lubang mulut akan cenderung lebih minimal. Nah, dalam hal ini, ada baiknya jika Anda menggunakan masker medis sebagai pilihan.

Masker medis memiliki kemampuan yang lebih baik untuk perlindungan yang lebih maksimal. Selain terbuat dari bahan yang aman, masker ini pun juga memiliki beberapa lapisan pelindung. Hanya saja, masker medis tidak bisa dipakai berkali-kali.

  • Hindari menyentuh benda di tempat umum

Selain menggunakan masker sebagai perlindungan dari paparan Covid-19, ketika berada di luar rumah, maka hindari menyentuh benda-benda yang ada di tempat umum. Perlu diketahui bahwa Covid-19 bisa menempel dan berada di permukaan benda-benda tersebut.

Tentu, jika ternyata ada virus Covid-19 yang menempel atau ada benda yang terkontaminasi dengan Covid-19 tersebut, maka ada risiko paparan yang lebih besar. Risiko tersebut nantinya akan semakin besar apabila Anda atau anggota keluarga lainnya tanpa disadari memegang area wajah setelah menyentuh benda-benda tersebut.

Oleh karenanya, sejalan dengan poin tersebut, ada baiknya jika Anda membiasakan diri untuk mencuci tangan, terutama setelah memegang beberapa benda. Khusus untuk saat berada di kawasan outdoor, Anda bisa menggunakan produk hand sanitizer yang cenderung lebih praktis daripada cuci tangan.

  • Senantiasa menjaga jarak

Menjaga jarak juga termasuk protokol kesehatan yang harus Anda lakukan saat berada di luar rumah. Ini adalah hal yang bisa dikatakan sangat penting demi menjaga diri dari paparan Covid-19 yang sangat berbahaya.

Perlu diketahui bahwa virus Covid-19 bisa terlempar hingga beberapa meter dari penderita yang bersin atau batuk. Nah, dengan menjaga jarak, maka risiko terkena lemparan virus tersebut akan cenderung minimal.

Lantas, berapa jarak yang disarankan untuk diterapkan saat berada di suatu tempat dengan orang lain?

Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda menjaga jarak sekitar 1 hingga 2 meter dengan orang lain. Jarak tersebut adalah jarak yang disarankan dan disepakati ahli untuk menghindar dari paparan Covid-19.

  • Menjaga kebersihan diri

Hal lain yang termasuk dalam protokol kesehatan untuk Anda dan keluarga saat berada di luar rumah adalah senantiasa menjaga kebersihan diri. Kebersihan adalah hal yang sangat dianjurkan sebagai strategi pencegahan Covid-19 agar tidak menular.

Nah, terkait usaha menjaga kebersihan diri tersebut, usahakan untuk senantiasa membawa produk hand sanitizer saat berada di luar rumah. Pilih produk hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol sekitar 60%. Untuk perlindungan yang maksimal, Anda bisa saja memberikan anggota keluarga masing-masing 1 buah hand sanitizer.

Beberapa hal di atas adalah ragam usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dari paparan Covid-19 saat berada di luar rumah. Tentu saja, Anda harus mengaplikasikan protokol kesehatan tersebut secara konsisten demi kesehatan yang lebih terjaga.

 

Protokol Kesehatan Saat Berada di Dalam Rumah

Penerapan protokol kesehatan untuk melindungi keluarga tidak hanya dilaksanakan di luar rumah saja, melainkan juga di dalam rumah. Hal ini penting, terlebih setelah Anda melakukan aktivitas di luar rumah dan kembali pulang.

Nah, terkait protokol kesehatan yang perlu diterapkan di dalam rumah sebagai usaha perlindungan keluarga dari Covid-19, ada beberapa hal sebaiknya diterapkan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membiasakan mandi

Jika Anda atau anggota keluarga lainnya kembali ke rumah dari beraktivitas selama seharian di luar rumah, maka sebaiknya hal yang pertama kali dilakukan di rumah adalah mandi. Bisa dikatakan, keluarga perlu membuat aturan ini untuk anggota keluarga.

Mandi adalah salah satu cara pencegahan yang cukup efektif. Dengan aktivitas ini, risiko adanya virus yang menempel di bagian tubuh pun akan hilang. Selain itu, ada baiknya jika pakaian yang dikenakan pun ditempatkan di keranjang yang berbeda atau segera dicuci.

  • Bersihkan barang yang dibawa

Protokol kesehatan lain yang bisa diterapkan di dalam rumah adalah membersihkan barang yang tadinya di bawa keluar rumah. Beberapa barang misalnya seperti smartphone, dompet, tas atau lainnya perlu dibersihkan untuk memastikan tidak ada kontaminasi virus yang menempel.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan semprotan desinfektan yang aman untuk barang ataupun menggunakan alkohol swab. Tentu, hal ini memang terkadang merepotkan, namun demi keamanan, Anda sebaiknya menerapkannya.

Dua hal di atas bisa dijadikan jalan untuk mencegah paparan Covid-19. Selain dua hal tersebut, tentu saja ada baiknya jika Anda juga memastikan kondisi rumah Anda aman dari kemungkinan adanya virus Covid-19. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan udara.

Virus Covid-19 adalah jenis virus airborne yang bisa bertahan di udara. Nah, untuk memastikan udara di rumah bersih dan bebas virus, kini sudah ada produk air purifier dari Drew Care yang bisa diandalkan.

Produk air purifier ini memiliki HEPA filter yang sangat ampuh untuk menyaring udara hingga bersih dan membunuh virus. Selain itu, ukuran air purifier ini tidak terlalu besar. Artinya, Anda bisa memindahkannya ke beberapa ruang berbeda dengan sangat mudah.

Tentu saja, dengan menggunakan produk air purifier ini, Anda nantinya bisa menjadikannya sebagai alat penunjang penerapan protokol kesehatan untuk perlindungan keluarga. Dengan alat ini, perlindungan yang didapatkan tentu lebih maksimal dan ancaman Covid-19 pun tidak ada lagi.