Tips Ampuh untuk Mengatasi Terjadinya Alergi Karena Polusi Udara

Polusi udara biasanya terjadi karena ada masalah yang cukup serius dengan lingkungan sehingga membuat udara menjadi tercemar dan tidak sehat. Ketua Perhimpunan KPDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) menjelaskan bahwa polusi udara terjadi karena pola kerja dan faktor lingkungan. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan mudah apabila Anda mampu menjauhi faktor pemicu alergi itu.

Tips untuk Mencegah Efek Polusi Udara di Dalam Rumah
Tidak hanya berasal dari faktor eksternal saja, polusi udara juga memiliki kemungkinan tinggi terjadi di dalam rumah. Rumah yang jarang dibersihkan mampu membuat penghuni merasa tidak nyaman dan tidak akan bisa bernapas dengan lebih leluasa. Beberapa langkah yang bisa diterapkan sehingga rumah Anda bisa terbebas dari faktor pemicu polusi udara adalah:

  • Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi udara yang sangat baik di setiap sisi ruangan
  • Apabila Anda adalah perokok, hindari melakukan kegiatan di dalam agar asap yang keluar dari rokok tidak menyelimuti seluruh ruangan
  • Jangan memasukkan hewan peliharaan Anda ke dalam kamar tidur
  • Senantiasa bersihkan rumah secara teratur agar tidak ada jamur yang tumbuh dan debu pun tidak berkumpul di dalam satu tempat
  • Apabila memungkinkan, hindari sebisa mungkin penggunaan bahan-bahan kimia seperti obat nyamuk semprot dan pengharum ruangan
  • Ketika ingin memasak, gunakanlah kompor gas yang hemat dan tidak boros

Tips Mencegah Efek Polusi Udara ketika Di Luar Rumah
Saat beraktivitas di luar rumah, akan ada kemungkinan yang lebih tinggi untuk terinfeksi polusi udara. Sebab, udara yang ada di luar rumah termasuk kotor dan tercampur dengan bahan-bahan lain yang terkadang dapat membahayakan pernapasan. Agar terhindar dari paparan polusi ketika sedang berada di luar rumah, maka Anda bisa menerapkan hal di bawah ini:
  • Hindari membakar sampah yang sudah Anda buang sebelumnya secara sembarangan, pastikan tempat pembakaran sampah tersebut sudah memiliki alat penutup yang canggih agar asapnya tidak keluar
  • Hindari paparan asap yang dihasilkan oleh perokok
  • Senantiasa memakai masker ke manapun Anda berada agar sistem pernapasan tetap bisa berfungsi dengan baik dan terlindungi dari polutan pada udara
  • Selalu gunakan alat transportasi ramah lingkungan seperti sepeda atau transportasi umum, hindari menggunakan kendaraan bermotor terlalu sering
  • Sebelum pergi ke luar, pastikan Anda sudah memeriksa indeks kualitas udara yang ada di lingkungan sekitar. Anda dapat mengeceknya di situs BMKG atau aplikasi yang tersedia di ponsel
  • Jangan bepergian melalui jalur lalu lintas yang sudah dipadati oleh kendaraan

Efek Polusi Udara Terhadap Kesehatan Manusia
Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, polusi udara membawa dampak yang sangat buruk terlebih terhadap kesehatan manusia. Ada beberapa efek yang bisa dirasakan ketika manusia terpapar oleh polusi udara, beberapa diantaranya adalah:

1. Pilek
Salah satu efek utama yang langsung dirasakan ketika manusia terpapar oleh polusi udara, yaitu mereka akan mengalami pilek karena alergi. Hal ini terjadi sebab saat polutan masuk melalui sistem pernapasan, maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh akan segera berfungsi agar polutan itu bisa hilang dari tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang bekerja akan menimbulkan beberapa gejala karena mereka harus mampu menghasilkan zat pemicu reaksi alergi. Pilek ini berbeda dengan pilek biasa yang disebabkan oleh virus, sebab akan ada rasa gatal yang mendalam pada hidung dan penderita pun akan merasa kesulitan untuk bernapas melalui hidung selama beberapa waktu.

Gejala lain yang biasa dialami oleh penderita alergi polusi udara yaitu kedua mata mereka akan berair dan berubah warna menjadi kemerahan. Tenggorokan akan terasa sakit dan tidak mampu mengeluarkan suara dengan baik, selain itu akan muncul pula ruam yang timbul secara tiba-tiba pada kulit tubuh.

2. Terjadi Gangguan Pernapasan
Polutan yang ada di dalam udara memiliki kemungkinan besar untuk menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan. Jika seseorang terkena paparan polutan udara dalam jangka panjang, maka kemungkinan hal itu akan membuat penderita mengalami beberapa penyakit seperti asma, ISPA, kanker paru-paru, bronkitis, sinusitis, dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentu saja sangat merugikan siapapun yang terkena paparan bakteri pada udara. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila ahli kesehatan menyarankan masyarakat untuk selalu menggunakan masker agar polusi udara tidak menyerang organ pernapasan dalam waktu lama.

3. Meningkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
Selain menyebabkan masalah atau penyakit pada sistem pernapasan, polusi udara juga mampu membuat tubuh terancam oleh penyakit kardiovaskular. Penyakit yang satu ini menyerang pembuluh darah dan jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Untuk itu, penting bagi siapapun untuk menghindari terjadinya polusi udara agar lingkungan dan pernapasan kita tetap aman.

Cara Mengatasi Gejala Pilek Karena Polusi Udara
Jika mengalami pilek karena polusi udara, kita pasti akan merasa sangat terganggu karena kondisi ini sangat menyulitkan tubuh untuk bergerak dengan lebih leluasa. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara yang ampuh agar gejala pilek ini bisa sembuh dengan mudah.

Cara yang bisa Anda tempuh untuk mengurangi gejala pilek akibat polusi udara adalah:

  • Mengkonsumsi Obat
Hal paling tepat yang harus dilakukan agar gejala pilek bisa berakhir yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang memang terbukti ampuh untuk menghilangkan gejala pilek. Jenis obat yang paling umum untuk dikonsumsi adalah fexofenadine, sebab obat ini tidak menimbulkan rasa kantuk sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.

  • Menghindari Pengharum Ruangan
Pengharum ruangan yang terlalu sering disemprotkan akan membuat ruangan menjadi terpenuhi kandungan udara dari pengharum tersebut. Karena itulah, jika Anda mengalami gejala pilek akibat terkena polusi udara lebih baik Anda menghindari paparan pengharum ruangan tersebut. Dengan begitu, kandungan kimia di dalamnya tidak akan masuk ke dalam tubuh Anda.

  • Menggunakan Air Purifier
Air Purifier merupakan alat canggih yang mampu membantu Anda untuk terhindar dari ruangan yang terkena polusi. Sebab, alat yang satu ini sangat ampuh untuk mengembalikan kondisi udara agar kembali seperti semula.

Manfaat Menggunakan Purifier untuk Mencegah Polusi
Ada berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan apabila Anda menggunakan alat purifier di dalam rumah, beberapa diantaranya yaitu:

  • Menghindari Penyebaran Kuman
Kuman merupakan pihak yang berperan besar dalam menciptakan polusi udara di dalam rumah. Apabila Anda menggunakan purifier, maka proses penyebaran kuman itu bisa dihindari dengan lebih mudah.

  • Memperbaiki Kualitas Udara
Kualitas udara harus bisa sehat kembali dan terhindar dari paparan bahan kimia agar manusia bisa bernapas dengan lebih mudah. Untuk itu, purifier sangat ampuh agar kualitas udara tersebut bisa lebih baik lagi sehingga polusi bisa terhindari.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda membeli purifier dengan mengunjungi laman drewcare.id dan memiliki produk purifier yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan harga yang bersahabat, maka Anda pasti akan terhindar dari polusi udara yang mengganggu.