Tips Memakai Masker Kain untuk Cegah Corona

Masker sudah menjadi barang yang kini wajib dimiliki dan dipakai oleh semua masyarakat di seluruh dunia tanpa terkecuali, sebab barang ini memang sangat ampuh untuk mencegah penularan virus Corona. Masker kain adalah salah satu jenis masker yang sudah sering direkomendasikan oleh para ahli kesehatan, sebab bahannya yang mudah didapat dan bisa digunakan lebih dari sekali. Meskipun begitu, bagaimanakah cara yang tepat untuk memakai masker jenis ini agar lebih ampuh?

 

Alasan Mengapa Masker Kain Sangat Diperlukan

Sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, virus Corona masih tetap menjadi momok besar yang mengganggu seluruh dunia. Proses penyebarannya yang sangat cepat membuat masyarakat dan tenaga medis menjadi kewalahan, sehingga perlu alat tertentu yang mampu mengurangi risiko dari proses penyebaran tersebut, salah satunya yakni dengan memakai masker kain.

Masker kain terbukti sangat mudah untuk dibuat, sebab masyarakat bisa memanfaatkan kain di rumah yang sudah tidak terpakai dan bisa membuatnya menjadi masker secara manual dengan bantuan video instruksi yang sudah bertebaran di jejaring sosial. Masyarakat pun menjadi terbantu akan hal tersebut sehingga mereka lebih memilih untuk memakai masker kain ini ketika sedang melakukan kegiatan di luar ruangan.

 

Kelebihan Masker Kain Dibandingkan Dengan Masker Lain

Tidak hanya sangat praktis saja, namun masker kain pun memiliki kelebihan tertentu yang tidak bisa didapatkan ketika memakai masker jenis lainnya. Beberapa kelebihan dari masker adalah:

  • Harganya Murah

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh masker ini adalah harganya yang begitu terjangkau dan tidak memerlukan uang terlalu banyak untuk membelinya. Dibandingkan dengan masker lain seperti N95 dan masker bedah atau medis yang harganya cukup mahal, masker kain ini tentu bisa menjadi alternatif yang paling difavoritkan oleh kebanyakan masyarakat.

  • Dapat Dibuat Sendiri

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masker kain dapat dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan kain tertentu yang berasal dari baju bekas atau kain yang sudah tidak memiliki nilai fungsi lagi untuk digunakan. Proses pembuatannya pun juga sangat mudah, hanya dengan melapisinya dalam beberapa lapisan kain lalu dijahit sedemikian rupa hingga bentuknya pun menyerupai bentuk masker pada umumnya.

  • Ramah Lingkungan

Kelebihan lain dari masker kain yang tidak bisa diremehkan begitu saja adalah masker jenis ini tidak akan menciptakan kotoran yang terlalu banyak, sebab masker ini bisa dipakai selama lebih dari satu kali. Setelah memakai masker kain ini, pastikan untuk mencucinya dengan bersih dan keringkan seperti proses laundry baju pada umumnya, dan setelah beberapa saat maka masker ini pun sudah bisa digunakan lagi.

Hal tersebut tentu sangat membantu bumi agar tidak terjadi proses pencemaran yang terjadi karena banyaknya masker bekas yang dibuang setelah dipakai untuk satu kali. Dengan begitu, masker kain pun menjadi sangat ramah lingkungan dan tidak akan menimbulkan kerugian pada lingkungan dalam bentuk apapun.

  • Ampuh Menahan Droplet

Masker kain juga terbukti cukup ampuh dalam menahan droplet yang keluar dari mulut manusia ketika sedang bersin atau batuk. Pasien yang menderita Covid-19 pun bisa memanfaatkan masker ini untuk menjaga agar virus yang dia bawa tidak menyebar pada orang lain sehingga proses penyebaran virus pun bisa menjadi lebih terkendali karena adanya masker ini.

 

Tips Memakai Masker Kain untuk Cegah Corona

 

Seberapa Efektifkah Masker Kain untuk Melawan Corona

Meskipun masker kain memang memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan, namun ternyata masker ini tidak terlalu efektif apabila dibandingkan dengan masker jenis lainnya. Masker N95 dan masker medis lebih terbukti paling ampuh dalam menahan udara masuk melalui pernapasan atau menahan droplet agar tidak keluar ke udara dibandingkan dengan masker kain yang cukup lemah keefektifannya.

Karena hal itulah, masker kain tidak terlalu direkomendasikan bagi tenaga medis yang memang menjadi garda terdepan dan berhubungan langsung dengan pasien Covid-19. Akan tetapi, bagi masyarakat biasa masker ini masih tetap bisa digunakan sebagai tindakan preventif untuk melawan Corona yang virusnya memang tidak kasat mata.

 

Cara Membuat Masker Efektif

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh apabila ingin memiliki masker yang efektif untuk mencegah Corona, beberapa di antaranya adalah:

  • Buat masker yang sesuai dengan bentuk hidung dan mulut, sehingga partikel yang ada di udara pun tidak akan bisa masuk melalui celah yang ada.
  • Pakai kain yang tahan air, untuk mengetahui hal tersebut maka lakukanlah uji filtrasi terlebih dahulu pada kain tersebut. Teteskan air pada atas kain, apabila air tersebut terserap maka kain itu tidak aman, namun apabila air masih berada di atas permukaan maka kain tersebut cocok untuk digunakan.
  • Sebisa mungkin hindari membuat masker dengan memakai kain yang terbuat dari kain wol atau jenis kain lainnya yang memang terkenal menimbulkan iritasi atau alergi pada kulit.
  • Buat masker dengan tiga Pada bagian dalam, gunakan katun alami sehingga wajah akan merasa nyaman ketika memakainya. Untuk bagian luar gunakan bahan yang halus, kemudian pada bagian tengah gunakan bahan dari kain yang ditenun secara rapat seperti kain nilon.

 

Cara Tepat Memakai Masker Kain

Berikut ini adalah beberapa cara tepat yang bisa dilakukan ketika ingin memakai masker kain:

  • Sebelum memakai masker, lebih baik Anda mencuci tangan terlebih dahulu sehingga masker tidak terkontaminasi bakter apapun.
  • Kenakan masker kain pada wajah lalu selipkan tali pada telinga. Alternatif lainnya yaitu Anda bisa mengikat tali masker kain tersebut pada bagian belakang kepala dengan erat sehingga masker tersebut tidak terasa longgar.
  • Ketika memakai masker kain, sebisa mungkin hindari kebiasaan buruk seperti menyentuh masker dengan tangan sebab kemungkinan besar tangan Anda sudah tertempeli bakteri atau virus yang berbahaya.
  • Apabila Anda memang ingin memperbaiki posisi masker kain yang dipakai dan terasa tidak nyaman dengan keadaan masker kain tersebut, maka cucilah tangan Anda memakai hand sanitizer atau air yang mengalir terlebih dahulu. Dengan begitu, masker Anda pun bisa terbebas dari ancaman infeksi virus atau bakteri yang tidak diinginkan.
  • Apabila masker sudah selesai dipakai, maka Anda bisa melepas masker tersebut dengan mencopot tali pengikat di belakang telinga atau membuka tali yang mengikat masker dengan bagian belakang kepala dengan tangan.
  • Setelah itu, cucilah masker kain secara cepat dengan memakai detergen dan air panas sehingga bakteri yang menempel pada kain bisa segera dimusnahkan.
  • Apabila masker kain yang dipakai kondisinya sudah berubah menjadi rusak atau robek, maka segera ganti masker tersebut dengan masker lain yang masih dalam kondisi bagus.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memakai masker kain. Meskipun masker ini memang kurang efektif dibandingkan dengan masker lainnya, namun tidak ada salahnya apabila Anda memakai masker ini untuk kegiatan sehari-hari.