Waspadai Corona yang Makin Menyebar

Semenjak awal tahun 2020 lalu, dunia digemparkan oleh penemuan virus baru yang berasal dari Wuhan, China. Virus tersebut mampu menyebar dengan begitu cepat dan masif, sehingga para korban yang terserang penyakit ini pun merajalela hingga ke seluruh dunia. Bahkan setelah satu tahun berlalu pun, virus ini masih menguasai dunia dan berevolusi menuju varian yang baru. Apa sajakah varian tersebut? Untuk mengetahuinya, simaklah artikel berikut ini.

 

Gejala Terkena Virus Corona

Virus yang satu ini pada dasarnya masih termasuk ke dalam keluarga coronavirus, yakni sekumpulan virus yang menyerang paru-paru atau organ pernapasan manusia. Karena hal tersebut, maka apabila virus ini masuk ke dalam paru-paru manusia akan mengalami sesak napas dan tidak bisa menghirup oksigen dengan baik sehingga membutuhkan alat kesehatan tertentu agar mereka bisa bernapas kembali dengan normal.

Tidak hanya sesak napas saja, namun ada beberapa gejala lain yang bisa dialami oleh seseorang apabila sudah terinfeksi oleh virus ini. Beberapa gejala tersebut adalah:

  • Kepala terasa sakit dan pusing seperti tertusuk-tusuk benda tajam dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama untuk kasus yang lebih serius.
  • Batuk kering dan tenggorokan terasa begitu sakit ketika digunakan untuk menelan makanan ataupun minuman apapun.
  • Tidak mampu merasakan bau atau kehilangan indra penciuman secara sepenuhnya. Kondisi ini biasanya disebut sebagai anosmia, dan akan berlangsung selama beberapa hari.
  • Kehilangan nafsu makan sebab indra perasa juga turut mengalami penurunan, sehingga makanan apapun akan terasa pahit.
  • Pada beberapa kasus, pasien yang sudah terinfeksi akan menunjukkan ruam pada kulitnya.
  • Pilek dan hidung tersumbat.
  • Demam yang cukup tinggi.

Semua gejala tersebut umumnya akan muncul setelah seseorang mengalami kontak dengan pasien positif Corona baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, gejala itu akan dialami setelah beberapa hari orang tersebut melakukan kontak, karena itulah bagi masyarakat yang telah selesai bepergian ke luar kota akan diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi Corona atau tidak.

 

Fakta Tentang Corona

Berdasarkan data yang sudah dikemukakan oleh pihak WHO, Corona telah memakan korban jiwa dalam jumlah jutaan orang. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan dan diharapkan akan terjadi penanganan intensif agar virus ini bisa segera terkendali. Berikut ini adalah beberapa fakta terkini tentang kasus Corona yang bisa Anda ketahui:

  • Virus Corona masih termasuk ke dalam satu kelompok dengan virus yang menyebabkan penyakit MERS dan SARS. Namun, ketiganya memiliki tingkat berbahaya yang berbeda.
  • Hingga saat ini, masih belum ditemukan obat khusus yang mampu menghilangkan virus ini.
  • Virus ini pada awalnya hanya dimiliki oleh hewan, namun setelah ada kontak tertentu virus ini pun berevolusi dan mulai menyebar pada tubuh manusia.
  • Seluruh dunia sudah terkena virus Corona dan masing-masing sedang berjuang untuk mengendalikan penyebarannya dengan menerapkan lockdown dan membatasi transportasi antar negara karena dikhawatirkan virus ini akan semakin menyebar apabila masyarakat dibebaskan mengunjungi negara lain dengan sesuka hati.
  • Kini, sudah ada vaksin yang diberikan kepada masyarakat dan vaksin tersebut diharapkan mampu membantu manusia untuk memiliki sistem imun yang kuat sehingga mampu melawan virus tersebut

 

Waspadai Corona yang Makin Menyebar

 

Perbedaan Corona dengan SARS dan MERS

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Corona masih termasuk ke dalam golongan virus yang sama dengan MERS (Middle-East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Lantas, apakah yang membuat mereka berbeda antara satu sama lain? Pada dasarnya, gejala yang ditimbulkan oleh ketiga virus tersebut hampir mirip yakni batuk dan demam yang cukup tinggi.

Selain itu, mereka juga akan mengalami kesulitan dalam bernapas secara normal dan pada paru-paru mereka akan muncul sebuah zat infiltrat tertentu. Meskipun begitu, virus Corona masih termasuk ke dalam virus yang bisa dikendalikan sebab virus ini tidak memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi layaknya MERS dan SARS.

Akan tetapi, virus Corona juga tidak bisa diremehkan begitu saja sebab penyakit ini akan sangat fatal bagi penderita yang sebelumnya sudah memiliki penyakit bawaan dan orang lanjut usia yang tingkat imunitasnya sudah lemah. Karena itulah, perlu kesadaran yang serius sebab virus ini tidak akan bisa hilang begitu saja apabila masih melakukan kegiatan biasa layaknya kondisi normal seperti sebelum pandemi.

 

Varian Delta yang Semakin Marak

Meskipun tingkat kematian yang disebabkan oleh Corona tidak terlalu tinggi, namun akhir-akhir ini ada sebuah varian baru yakni varian Delta yang cukup membahayakan tubuh manusia. Berasal dari India, varian virus yang satu ini akan menimbulkan gejala yang cukup parah bagi penderitanya seperti:

  • Sendi tubuh terasa begitu nyeri dan apabila digunakan untuk beraktivitas, maka seseorang akan merasa tidak berdaya.
  • Indra pendengaran akan terganggu dan tidak bisa mendengar dengan lebih jelas selayaknya pada kondisi yang normal.
  • Penderita akan merasakan mual-mual dan mereka pun juga akan muntah-muntah.
  • Kehilangan selera makan sebab makanan apapun akan membuat mereka merasa mual meskipun mereka juga akan menjadi lemas sebab tidak memperoleh asupan energi.
  • Perut penderita akan terasa sakit.

 

Para ahli kesehatan pun telah memaparkan bahwa gejala yang paling menonjol dari varian Delta ini adalah gangguan pencernaan yang lebih intensif dan lebih sering ditemukan daripada virus Corona pada biasanya. Tidak hanya itu, gangguan organ pernapasan juga lebih berbahaya sebab pasien harus memakai bantuan oksigen dari rumah sakit sehingga penderita varian Delta ini harus memperoleh penanganan yang lebih lanjut dari pihak rumah sakit terlebih dahulu.

Setelah gejalanya sudah membaik, maka pasien akan diperbolehkan untuk kembali ke rumah dan melakukan isolasi secara mandiri. Karena tingkat berbahayanya yang cukup tinggi, semua masyarakat pun dihimbau untuk senantiasa menggunakan protokol kesehatan sebab sekali terkena varian Delta ini, dikhawatirkan pihak rumah sakit akan semakin kewalahan dalam menangani pasien dan alat untuk membantu oksigen pun juga semakin menipis.

 

Cara Ampuh Mencegah Ancaman Virus Corona

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan agar terjaga dari ancaman virus Corona:

  • Menerapkan jaga jarak yang tepat
  • Mencuci tangan secara rutin setelah dan sebelum beraktivitas
  • Memakai masker setiap berada di tempat umum
  • Memakai pakaian tertutup agar tidak tergigit oleh serangga
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih dan istirahat yang banyak

 

Situasi yang semakin tidak aman tentu membuat semua orang merasa khawatir. Namun, tidak usah panik sebab selama menerapkan protokol yang benar dan memakai alat kesehatan yang sudah disarankan oleh ahli kesehatan sebelumnya. Dengan begitu, maka resiko terkena infeksi virus pun bisa semakin dihindari dengan lebih mudah dan aman.