Menjaga Telinga Tetap Bersih

Indra pendengaran pada manusia dan hewan yaitu telinga memiliki berbagai fungsi yang sangat krusial. Telinga sendiri memiliki beberapa bagian yakni bagian paling luar dan dalam.

Namun tidak semua individu paham bagaimana cara membersihkan telinga, khususnya pada bagian dalam telinga. Berikut ini adalah alasan mengapa menjaga telinga bagian dalam itu penting.

 

 Tugas dan Manfaat Telinga Bagian Dalam

Menurut seorang pakar THT dr. Meva Nareza, telinga bagian dalam memiliki beberapa tugas dan manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Di antaranya adalah sebagai alarm suara dan juga penyeimbang tubuh.

 

  • Alarm Suara

Telinga bagian dalam memiliki tugas yang mirip dengan telinga bagian luar. Yaitu mendengarkan keadaan sekitar dengan menggunakan sumber suara maupun gema yang ada.

Manfaat ini dapat Anda peroleh jika keadaan telinga dalam bersih. Sebab jika lubang antara telinga bagian luar dan dalam kotor, maka gema tidak akan masuk dengan sempurna.

 

  • Penyeimbang Tubuh Individu

Seperti halnya organ lain pada tubuh manusia, telinga juga memiliki peran yang sama seperti keempat indra lainnya. Telinga dalam berguna untuk mengatur jalannya keseimbangan pada tubuh.

Selain itu, adanya telinga bagian dalam juga membantu gerak Anda menjadi lebih stabil. Maksudnya adalah, telinga bagian dalam dapat mengurangi getaran dan efek resonansi berlebih.

 

  • Saraf Penting

Pada bagian dalam telinga terdapat saraf yang bernama koklea dan berfungsi sebagai sensor pendengaran. Koklea merupakan saraf yang penting bagi telinga.

 Untuk itu diperlukan ketelitian saat membersihkan telinga, terutama bagian dalam. Karena pada bagian ini ada saraf penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

 

  • Organ Penjembatan

Telinga bagian dalam juga merupakan sebuah organ dari tubuh manusia yang mampu menghantarkan suara menjadi informasi. Peristiwa tersebut hanya dapat dilakukan oleh telinga bagian dalam.

Karena peran tersebut hanya bisa di proses oleh saraf telinga bagian dalam. Sehingga Anda harus menjaga telinga bagian dalam agar tetap sehat.

 

Gangguan yang Dapat Menyebabkan Tugas Telinga bagian Dalam Menurun

Menurut dr. Kevin Adrian, tugas dari telinga bagian dalam dapat menurun karena faktor usia. Selain itu, telinga bagian dalam juga rentan terpapar oleh debu dan kotoran.

Infeksi telinga bagian dalam juga merupakan gangguan yang dapat menyebabkan tugas telinga Anda jadi menurun. Radang telinga ikut mengambil peran sebagai gangguan yang dialami oleh beberapa individu.

  • Udara yang Kurang Bersih

Kurangnya ruang untuk udara bersih dapat mengakibatkan kotoran menumpuk di dalam telinga. Hal itu bisa mengakibatkan tugas telinga bagian dalam jadi menurun.

Namun dengan berkembangnya teknologi, hal ini sudah dapat dikurangi dengan menggunakan bantuan dari alat pembersih udara. Salah satunya adalah produk https://drewcare.id/collections/product-by-fillter-urutan/products/drew-pure-5-air-purifier yang dapat membantu membersihkan udara sekitar.

 

  • Infeksi Telinga Bagian Dalam

Selain debu dan kotoran yang dapat masuk ke dalam telinga Anda melalui lubang telinga. Berbagai bakteri mikroskopis pun dapat masuk dengan mudah.

Keadaan lingkungan yang kurang bersih dapat membuat bakteri berkembiang biak. Menjaga telinga tetap kering adalah langkah tepat untuk mengurangi intensitas pertumbuhan bakteri di dalam telinga.

 

  • Telinga Bagian Dalam Selalu Berdengung

Gangguan ini seringkali dialami oleh anak-anak dan lansia. Telinga bagian dalam berdengung, atau biasa disebut dengan Tinnitus acap kali membuat seseorang tidak nyaman.

Sebab gangguan ini bisa mengakibatkan tugas dari telinga bagian dalam menurun. Juga membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi.

 

 Dampak Dari Menurunnya Tugas Telinga Bagian Dalam

Tinjauan Oleh dr. Verury Verona HAndayani yang menulis tentang dampak dari menurunnya tugas telinga bagian dalam. Riset juga menyebutkan tentang penanganan dari dampak tersebut kepada Anda.

  • Keseimbangan Tubuh Menjadi Terganggu

Karena telinga bagian dalam adalah organ penting yang mampu menjaga keseimbangan antar indra. Menurunnya tugas dari bagian dalam telinga bisa menyebabkan keseimbangan terganggu.

Jika dampak ini disebabkan oleh alergi dan juga polusi udara. Maka Anda bisa mengurangi alergi dan polusi udara dengan bantuan https://drewcare.id/collections/air-purifier/products/drew-pure-1.

  • Sulit untuk Mendengar

Jika tugas dari telinga bagian dalam menurun, maka dampak yang bisa terjadi adalah menurunnya fungsi telinga. Hal ini dapat membuat Anda harus mengulang beberapa kali jika ingin mendengarkan sesuatu.

Dampak ini dapat dikurangi dengan cara membersihkan kotoran yang mengendap pada telinga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembersihan telinga luar dan dalam secara berkala.

 

Faktor Lain yang Mempengaruhi Tugas Telinga Bagian Dalam

Menurut dr Tania Savitri, ada faktor-faktor lain yang juga bisa mempengaruhi tugas dari telinga bagian dalam. Di antaranya adalah karena usia seseorang telah lanjut, dan juga karena faktor keturunan.

 

  • Usia Sudah Lanjut

Faktor ini sering dialami oleh individu karena perubahan usia. Seiring bertambahnya usia, tugas dari tiap organ tubuh juga pasti menurun.

 Namun keadaan seperti ini dapat diwajarkan karena tiap orang pasti menua. Oleh sebab itu diperlukan alat bantu pendengaran untuk mengatasi faktor usia.

 

  • Keadaan Keturunan

Genetika dari makhluk hidup berasal dari orang tua dan para pendahulu. Hal itu membuat tiap individu berbeda dari individu lainnya.

Maka tak heran jika seseorang mengalami faktor ini. Sebab faktor keturunan juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan tugas telinga bagian dalam.

 

  • Faktor Eksternal

Faktor lain yang dapat mempengaruhi telinga bagian dalam adalah karena lingkungan eksternal. Misalnya seperti keadaan suara yang terlalu kencang, dan juga suara dengan resonansi tinggi.

Faktor ini dapat diatasi dengan mengurangi penggunaan alat musik berlebihan. Juga dengan mengurangi intensitas pemakaian alat musik dari waktu ke waktu.

 

Tips Menjaga Kesehatan Telinga Bagian Dalam

Menurut dr. Kevin Adrian, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan telinga bagian dalam. Salah satunya adalah dengan memastikan keadaan udara bersih dan sehat.

Menjaga telinga tetap kering juga menjadi bagian dari kesehatan telinga. Terutama pada telinga bagian dalam yang memiliki banyak saraf penting.

 

  • Menjaga Udara Tetap Bersih

Udara yang bersih dapat membuat kesehatan telinga Anda jadi lebih terjaga. Udara yang bersih dapat mengurangi penyebaran kuman dan penyakit.

Menjaga udara tetap bersih bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan https://drewcare.id/collections/product-by-fillter-urutan/products/drew-pure-3 sebagai alat penyaring udara yang masuk dan keluar.

 

  • Menjaga Kelembaban Telinga

Telinga yang basah dapat mengakibatkan kotoran dan debu menempel secara majemuk. Hal ini lambat laun akan membuat resonansi suara yang masuk jadi terganggu.

 Oleh sebab itu, menjaga telinga agar tetap kering merupakan langkah yang tepat. Lebih dari itu, demi menjaga debu tidak menempel maka telinga yang kering adalah solusinya.

Telinga adalah organ tubuh yang memiliki tugas penting dan manfaat bagi tubuh setiap individu. Dengan menjaga telinga bagian dalam, Anda juga ikut menjaga seluruh tubuh tetap sehat. Anda bisa memanfaatkan produk dari https://drewcare.id/ untuk membantu menjaga kesehatan telinga bagian dalam. Sayangi telinga Anda, karena organ tersebut begitu berharga.